Jurnal Belajar Melatih Kemandirian Anak

Pada tantangan latihan kemandirian kali ini, saya mendampingi Adskhan (22 bulan) untuk makan sendiri.

Latihan kemandirian makan sendiri memang sudah dibiasakan sejak usia satu tahun walaupun masih menjadi PR bagi saya dan suami.

Hal yang saya dan suami lakukan dalam melatih kemandirian Adskhan  makan sendiri adalah :
- membiasakan pola makan sesuai jadwal
- makan bersama
- menyiapkan kursi dan meja makan yang sesuai dengan badan Adskhan.

Tantangan terbesar dalam melatih kemandirian Adskhan adalah ada pada diri kami, orang tuanya. Kadang saya tertarik untuk meninggalkan Adskhan makan sendirian dan dan menyambinya dengan mengerjakan pekerjaan domestik. Biasanya jika Adskhan ditinggalkan makan sendiri, dia akan memainkan makanannya dan tidak tuntas.
Saat saya berusaha fokus mendampingi Adskhan makan, dia akan makan dengan baik. Ini menjadi catatan bagi saya, bahwa harus fokus tidak boleh multitasking.

Tantangan lainnya adalah kami berusaha ingin cepat dan habis. Kadang tidak sabaran dan mengambil alih untuk menyuapinya karena harus segera pergi menghadiri acara atau khawatir dia lapar karena makannya sedikit. Kamipun belajar, bahwa mempersiapkan waktu lebih lama agar Adskhan belajar makan sendiri adalah penting, sehingga kami harus mengatur waktu sebaik mungkin jika ada agenda di luar dengan tanpa mengurangi durasi waktu Adskhan makan.
Untuk hal makannya sedikit, kami menyiasati dengan meletakan makanan di tempat yang terjangkau, sehingga jika dia lapar karena makannya sedikit Adskhan akan mengambil makanannya sendiri

Konsisten dan membersamai Adskhan dalam latihan kemandiriannya menjadi poin penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi