Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2018

Aliran Rasa Bunda Sayang

Gambar
Salah satu pertanyaan yang dilemparkan Ayah Adskhan saat refleksi akhir tahun 2017 adalah "Apa yang paling keluarga kita syukuri di tahun ini?" 
Komunikasi keluarga kami semakin baik dari hari ke hari. Adskhan sudah terbiasa makan sendiri, dan mengungkapkan keinginannya. Adskhan  semakin akrab dengan buku (dan alhamdulillah koleksi buku kami bertambah banyak ). Alhamdulillah lebih cerdas finansial sehingga sedikit demi sedikit mempunyai  tabungan impian. Walaupun belum bisa lepas sepenuhnya dengan gadget tetapi saya sudah mulai bisa mengelola penggunaannya. Bisa menemani keseharian Adskhan, mengamati kecerdasannya,  berusaha memfasilitasi rasa ingin tahunya dan mencatatnya dalam portofolio.
Itulah sejumlah jawaban yang saya tuliskan.
Ya, tahun 2017 adalah tahun bertumbuhnya keluarga kami. Adskhan menjalani fase tumbuh kembang dari anak usia 1 menjadi 2 tahun, Ayah dan Bunda semakin berusaha memantaskan diri menjadi Ayah dan Bunda juara bagi Adskhan.
Dan capaian-capaian di a…

Keluarga Multimedia - cookpad

Gambar
Akhir-akhir ini keluarga kami sedang senang memakan makanan yang lucu-lucu semacam batagor, siomay, bakso, seblak..hehe Maka saat belanja mingguan kemarin dibuatlah menu makan malam yang lucu-lucu juga. Kemarin malam kwetiau rebus, nanti malam mie tektek, besok tekwan.
Sebenarnya Ayah Adskhan adalah resep berjalan..wkwkwkk Tapi kan sesekali saya juga harus bisa masak sendiri. Alhamdulillah, biasanya selain nanya ke ayahnya Adskhan saya cari juga resep di cookpad :)

Keluarga - Multimedia

Gambar
Lebaran tahun ini kami merencanakan mudik ke Bengkulu. Memesan tiket pesawat menggunakan aplikasi traveloka :)

Keluarga Multimedia - Al Matsurat

Gambar
Aplikasi ini sangat bermanfaat menemani saya pagi dan petang, dzikir Al Matsurat. Biasanya saya nyalakan kencang supaya Adskhan pun ikut mendengarkan :)

Keluarga Multimedia - Gojek

Gambar
Alhamdulillah, hari ini kakek dan nenek Adskhan datang dari Tasik. Mereka sampai subuh di Pool Primajasa Pondok Cabe. Saya memesankan go-car, dari pool ke rumah hanya Rp 35.000,- Alhamdulillah

Keluarga Multimedia - Ipunas

Gambar
Senangnya bisa baca buku gratis di Ipunas. Yang saya cari pertama adalah fiksi, dan woww banyak banget.
Aplikasi ipunas resmi dari pemerintah, tinggal donlot registrasi pake email atau Facebook, udah bisa login dan baca buku yang diinginkan. 
Serunya..

Keluarga Multimedia - Gdrive

Gambar
Dulu pertama kali tahu aplikasi untuk menyimpan yang bisa dibagi dengan orang lain adalah dropbox.
Lalu berpindah ke gdrive.
Sangat memudahkan aktivitas saya untuk menyimpan banyak data, baik pribadi, perusahaan, komunitas, dan lain-lain

Keluarga Multimedia - Viva Video

Saya sangat terbantu dengan aplikasi viva video, membuat video bisa dilakukan di handphone.Sangat mudah untuk menggabungkan foto-foto menjadi video atau mengedit video yang sudah ada.Kekurangannya di watermark. Untungnya bisa trial 3 hari untuk mendapatkan aplikasi viva video berbayar yg tidak ber-watermark. Saya memanfaatkan trial tersebut..heheBerikut karya saya yang menggunakan viva videoUcapan milad suami
Presentasi Fitrah SeksualitasSelamat berkreasi membuat video :)

Keluarga Multimedia - Mobile Banking

Aplikasi yang akan saya review kali ini adalah mobile banking.Saya menggunakan mobile banking muamalat dan BRIS, sangat bermanfaat, hemat waktu dan tenaga untuk melakukan dan mengecek transaksi. Apalagi 2 ATM bank tersebut lumayan jarang ditemui. Masih ingat dulu saat pertama jadi PJ arisan buku Sygma, meminta suami untuk mentransferkan ke rekening muamalat sangat repot sekali.Saya akan membandingkan mobile banking Muamalat dan BRIS.Kelebihan
- Muamalat : fitur lebih lengkap, gampang ngecek mutasi karena masih merekam mutasi yang sudah cukup lama.
- BRIS : fitur sederhana, simple, bisa di screensootKekurangan
- Muamalat : gak bisa di screenshot
- BRIS : data mutasi hanya tiga hari terakhir.
Demikian review saya ;)

Keluarga Multimedia - Repost

Aplikasi yang mau saya review kali ini adalah repost. Sangat membantu kerja saya sebagai salah satu admin IG IP Tangsel dan pengelola toko buku online.

Keluarga Multimedia - Blogspot

Tantangan Bunda Sayang dan peran lainnya, mengharuskan saya rajin memposting tulisan via blog. Untunglah ada aplikasi blogspot. Lebih praktis dibanding buka dari browser.Kelemahannya adalah tidak bisa posting banyak foto dan tata letaknya diatur oleh kita.
Tulisan konten hanya bisa dibuat bold dan italic, serta menautkan link. Tidak bisa dicostumize. Berikut tampilannya

Keluarga Multimedia - Canva

Gambar
Saya senang bebikinan e-poster atau e-flyer. Selain untuk desain jualan online, digunakan juga untuk membuat desain untuk IIP. Mengenal canva sudah dari dua tahun yang lalu, namun saat itu masih harus digunakan di PC yang terhubung internet. Walaupun canva menarik, tetapi karena menggunakan PC jadinya saya jarang memakainya.
Alhamdulillah akhir tahun lalu diberi tahu bahwa canva bisa diintal di ponsel, yeay! Hatiku gembira riang tak terkira!! Setialah pada canva sampai saat ini. Berikut tampilannya dan beberapa hasil editan canva.



Keluarga Multimedia - Raja Ongkir

Gambar
Masih seputaran aplikasi yang menunjang peran saya sebagai Online Shoppers, yaitu Raja Ongkir. Aplikasi ini bermanfaat sekali. Tinggal masukan kecamatan pengirim dan tujuan, ketahuan deh biaya kirim berbagai ekspedisi. Sehingga bisa dikirimkan screenshootnya ke costumer dan mereka tinggal pilih :)

Keluarga Multimedia - Buffer, Aplikasi Penolong Emak-emak Online Shop

Gambar
Aplikasi ketiga yang ingin saya review adalah Buffer. Saya sudah menggunakan ini selama dua tahun, sangat membantu untuk penjadwalan materi yang akan diposting di media sosial.
Sebagai emak online shop, promo di media sosial adalah hal wajb agar calon customer tahu bahwa kita menjual produk tersebut, karena saya tidak bisa sering online, maka saya persiapkan malam sebelumnya materi yang akan saya posting besoknya atau beberapa hari ke depan.
Begini caranya









Postingan kita akan otomatis tayang sesuai jadwal.

Selamat mencoba :)

Keluarga Multimedia - Hello English

Gambar
Kemarin malam pillow talks dengan Ayah Adskhan. Salah satunya mengenai target beliau untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar.
Maka, pada tantangan hari kedua game level 12 saya mencari aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris, dan inilah dia Hello English.
Aplikasi menyenangkan belajar bahasa Inggris.








Keluarga Multimedia - Balita Apps

Gambar
Memasuki materi dua belas, saya mendapat tantangan membuat review aplikasi yang menunjang keluarga.
Hari ini saya mencari aplikasi untuk mencatat dan memberikan informasi tentang perkembangan anak. Setelah instal beberapa app dan kurang puas, akhirnya pencarian saya sampai di Balita, aplikasi seperti KMS.
Berikut tampilannya
Pertama, kita harus sign up untuk masuk ke dalam aplikasi.
Setelah itu mengisi data dasar anak. 

Kita bisa mengecek status gizi anak dengan memasukan berat dan tinggi badan anak.
Untuk mengetahui tumbuh kembang anak sudah sesuai atau belum, bisa melihatnya di sini.

Memasukan riwayat kesehatan, kunjungan ke dokter, dan lain-lain.


Dilengkapi dengan artikel penunjang.

Dan juga jadwal imunisasi.



Aplikasi Balita cukup lengkap dibanding aplikasi lain yang serupa. Saya sudah membandingkan dengan 3 aplikasi lain.
Hal yang mungkin bisa ditingkatkan adalah - artikel lebih banyak - ceklist tumbuh kembang anak dibuat capaian perbulan.
Sekian reviewnya :)
#day1 #keluargamulti…