Postingan

Membuat Lembar Aktivitas Mengenal Bangun Datar Lingkaran, Segitiga dan Persegi

Gambar
Tantangan yang dihadapi saya akhir-akhir ini adalah sulitnya konsisten menemani Adskhan bermain bermakna.

Dua minggu terakhir ini saya cenderung membiarkannya beraktivitas tanpa saya stimulus sesuai tumbuh kembangnya.
Sebagai solusi atas tantangan yang saya hadapi, saya membuat lembar aktivitas yang akan digunakan Adskhan pekan depan.
Lembar aktivitas ini akan saya bagikan pula sebagai free printable untuk ibu-ibu yang mengalami tantangan yang sama dengan saya ataupun yang butuh referensi kegiatan untuk anak seusia Adskhan.

Saya membuat empat  aktivitas mengenal lingkaran, segitiga, persegi beserta panduan untuk orang tua dan jurnal aktivitasnya. Totalnya menjadi dua belas halaman. Semoga lembar aktivitas ini bermanfaat dan kedepannya saya konsisten membuat dan membagikannya.

Mimpi terbesar saya ingin membuat buku aktivitas sendiri. In Sya Allah dua buku kumpulan lembar aktivitas -- hasil lomba ulang tahun Wonderland Family, alhamdulillah di lomba tersebut meraih peringkat ketiga dan …

Ibu sebagai Manajer Keuangan Keluarga

Gambar
Sejak menjadi ibu yang tinggal di rumah, saya kadang lupa tanggal. Ingatnya cuma tanggal tua dan tanggal muda.. wkwkw Tentunya paham dong, kenapa tanggal tua dan tanggal muda begitu berkesan.
Bersyukurlah bagi Anda yang sudah berhasil mengelola keuangan keluarga, sehingga setiap hari berasa tanggal muda..hehe
Saya pribadi, memiliki PR besar tentang pengelolaan keuangan. Saat masih single pun kadang bingung koq uang di dompet udah ujug-ujug segini aja ya? Dipakai apa saja? Cukup gak ya sampai akhir bulan.. wkwkwk Hal itu terjadi saat masih memiliki penghasilan di bawah UMR sampai di atas UMR. Ternyata masalahnya bukan di berapa besar penghasilan saya, tetapi bagaimana saya mengelolanya. 
Setelah menjadi manajernya Keluarga Budiman yang merangkap manajer keuangan, koki, kasir, dan lain-lain kemampuan mengelola keuangan harus ditingkatkan dong.
 Salah satu referensi buku yang saya baca adalah bukunya Teh Patra "Keluarga Muslim Cerdas Finansial".
Saya mendapatkan banyak pencera…

Rezeki

Gambar
Suatu hari datang seorang fakir ke rumah Rasulullah saw dan meminta sedekah. Rasulullah segera memanggil istrinya, Aisyah ra, dan bertanya  "Adakah makanan yang bisa diberikan kepada fakir tersebut? " "Tidak ada ya Rasul," jawab Aisyah. "Jika tidak ada makanan, masih adakah barang yang bisa diberikan?" tanya Rasulullah. "Tidak ada apa-apa lagi yang kita punya Rasulullah," jawab Aisyah.  Rasulullah sedih, dia tak ingin mengecewakan fakir tersebut. 
Rasulullah lalu meminta fakir datang ke rumah Fatimah untuk meminta sedekah kepadanya. Fakir pun pergi ke rumah Fatimah.
Fatimah keheranan saat fakir datang dan mengatakan disuruh Rasulullah untuk meminta sedekah, karena Fatimah pun tidak punya apa-apa lagi seperti Rasulullah. Namun, dia yakin pasti ayahnya tak ingin mengecewakan fakir.
 Fatimah teringat sebuah kalung yang sangat berharga baginya, benda satu-satunya yang masih ia miliki.  Dia pun memberikan kepada fakir, untuk dijual dan uang hasil pe…

Saat Adskhan Ingin Mainan Baru

Gambar
"Adskhan mau mobil-mobilan seperti  teman-teman" rengek Adskhan suatu sore.
Aku menatapnya, terlihat kesungguhan dalam mata bening anak lelakiku.

"Mobil yang mana?" tanyaku.

"Itu, yang dinaiki Alesha.  Ada nyanyinya," Adskhan menunjuk ke arah mobil-mobilan besar milik anak tetangga.

Kami baru seminggu pindah ke rumah baru, di sini hampir semua anak teman main Adskhan memiliki mobil-mobilan yang bisa dinaiki.  Wajar jika Adskhan menginginkannya juga. Kadang aku pun merasa sedih, jika Adskhan merengek minta naik mobil tetapi tidak dipinjamkan. Sesekali sih dipinjamkan temannya, tetapi kadang-kadang temannya tidak mau meminjamkan, karena dia juga ingin menaikinya.
Melihat hal itu, ingin sekali segera membelikannya.  Namun aku segera disadarkan Ayahnya Adskhan agar tidak terbiasa memberikan langsung mainan yang diingainkan Adskhan. Berharap batitaku juga belajar sabar dan berikhtiar.

"Tapi kita belum punya uang untuk membelinya, Nak. Bagaimana kalau kit…

4 Aplikasi atau Situs Baca Gratis yang Wajib Kamu Ketahui

Pernah gak sih pengen baca buku fiksi tapi semua buku yang berjejer di rak sudah dihafal isinya? Mungkin, kamu perlu tahu empat aplikasi atau situs  baca gratisan yang bisa sama handphonemu. Tentunya harus berkuota ya. Simak yuk apa saja!
1. Wattpad Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi telepon pintar asal Toronto, Kanada. Wattpad pertama kali launching tahun 2006.  Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya.  Wattpad mempunyai banyak kategori. Ada kategori romance, fiksi ilmiah, fantasi, humor, paranormal, misteri/getaran, horor, petualangan, fiksi sejarah, fiksi remaja, fiksi penggemar, puisi, cerita pendek, fiksi umum, chiklit, laga, vampir, manusia serigala, spiritual, non-fiksi, klasik atau acak. Kalian bisa dengan bebas memilih kategori atau genre bacaan yang ingin kalian baca atau yang kalian sukai dan kalian juga bisa memilih genre tulisan yang akan kalian posting di …

Mengurangi Sampah dengan Memperbaiki Pola Konsumsi Keluarga

Sampah kita dibuang ke mana?
Berapa banyak jumlah sampah yang dibuang dalam sehari?
Apakah berani mengikuti tantangan mengurangi sampah?
Beberapa pertanyaan ini muncul di video Bu Susanty
Respon ibu-ibu yang muncul di video tersebut seperti respon saya beberapa waktu yang lalu.  Saya tahu sampah yang saya hasilkan banyak, namun ragu dan bingung untuk menguranginya.
Salut dengan optimisme Bu Susanty yang mengatakan menerima tantangan mengurangi sampah dalam 7 hari, di saat ibu-ibu yang lain tidak mau.  Ternyata, setelah simulasi 7 hari Bu Susanty berhasil mengurangi sampah sebanyak 80%, 20%-nya baru dibuang ke TPA.
Alhamdulillah, setelah ikut #belajarzerowaste keluarga sayapun mulai melakukan strategi-strategi untuk mengurangi sampah.
Hal yang pertama yang dilakukan dengan menganalisis sampah terbanyak yang dihasilkan keluarga kami apa. Ternyata yang paling banyak adalah diapers Adskhan dan food waste. Adskhan langsung toilet training, sehingga diapers tidak ada lagi dalam sampah kami…

Menumbukan Fitrah Keimanan Batita

Gambar
"Bismika, Allahumma ahya wa bismika amut.. aamiin," dengan lafal yang belum fasih, Adskhan membaca doa sebelum tidur. Dia lalu menutup mata sambil memeluk saya. Saya mengelus-elus punggungnya dan bersenandung salawat hingga dia tertidur lelap.
Itulah kebiasaan kami saat Adskhan akan tidur. Setelah bed time story Petualangan si Gajah, tentunya. Kadang saya merindukan 'prosesi' menyusui Adskhan saat dia akan tertidur. Saat itu bonding saya dan dia terasa begitu lekat. Sudah lima bulan lebih, saya tidak menyusuinya lagi. 
Menurut Ustadz Harry Santosa, menyusui adalah salah satu cara menumbuhkan fitrah keimanan anak usia 0-2 tahun. Dalam buku Fitrah Based Education, beliau menuliskan secara lengkap tahapan penguatan fitrah keimanan berdasarkan kategori usia, yaitu : Usia 0-2 tahun Tahap penguatan fitrah keimanan dengan memberikan ASI secara eksklusif, menghadirkan hati, perhatian, sentuhan, pandangan ketika menyusui.  Usia 3-6 tahun Tahap merawat fitrah keimanan dengan mem…