Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2017

Bintang Bahasa

Gambar
Saya memperhatikan akhir-akhir kosa kata Adskhan berkembang pesat. Dia bisa cepat ingat apa yang saya sampaikan tentang anggota tubuh. Awalnya hanya tahu kaki dan gigi. Dia mengingatnya setelah saya bacakan buku busa Sebelum Aku Tidur. Di dalam bukunya dijelaskan bahwa sebelum tidur harus menggosok gigi dan mencuci kaki. Adskhan ingat dengan isi bukunya dan dia bisa menunjukan halaman bukunya dengan baik. Buku tentang Abu Bakar dia bilang buku Mbek, karena ada beberapa halaman yang terdapat kambing. Buku Harimau Cilik, Kereta, Mandi (Aku Bisa Mandi Sendiri), Kuda (BAAI). Adskhan punya julukan khusus untuk buku-bukunya sesuai gamnbar yang dia ingat di buku tsb.
Untuk anggota badan dia sudah bisa menyebutkan dan menunjukan : mata, hidung, gigi, pipi, tangan, kaki, pusar.
Sore ini kami berkeliling mengantarkan buku pesanan ke ekspedisi lalu pulangnya mencari kambing Kurban.  Sepanjang jalab Adskhan menyebutkan apa saja yang dia lihat dan ingat. Saat lewat tenda nasi pecel dia menunjuk i…

Calon Masterchef Junior

Gambar
Adskhan sangat menyukai ice cream, dia akan menghampiri kulkas dan meminta freezernya dibuka, lalu minta digendong nyari ice cream sendiri. Bermula dari beberapa hari yang lalu saya membeli 2 pcs ice cream lalu disimpan di freezer. Memakannya bersama-sama ayah dan Adskhan saat family time.  Adskhan ingat saya mengambilnya di mana, sehingga jika siang hari dia selalu minta dibukain kulkas. Melihat hal tersebut, saya dan Ayah Adskhan bersepakat membuat ice dari buah-buahan saja. Membeli cetakannya, buah mangga dan sirsak. Ayah melibatkan Adskhan dalam pembuatan ice creamnya, dan mendelegasikan Adskhan untuk mengerjakan hal-hal yang ringan.. Adskhan senang karena dilibatkan.
Dan taraaa, ice buahnya sudah jadi. Adskhan suka sekali ice mangga, kalau rasa sirsak gak terlalu suka.
Selain berbinar saat membuat ice buah, Adskhan juga senang jika saya libatkan dalam persiapan memasak.  Ikut membawakan  sayuran dari dalam kulkas, menyiangi sayuran berdaun, membawakan tempat sayuran dan selalu i…

Jagoanku yang Kinestetik dan Pencinta Buku

Gambar
Hari ini saya mengajak Adskhan olahraga. Di mulai dengan pemanasan, senam kepala pundak lutut kaki, senam twinies, dan senam mengikuti lagu di hafiz doll. Setelah senam kami lompat-lompat di atas playmate lalu main bola.
Adskhan mengikuti gerakan, walau tidak sempurna. Saat saya mengangkat tangan (pemanasan) dia mengikuti, saat pergelangan kaki saya diputar-putar dia pun meniru.. Lucunya... Dia berolahraga dengan gembira.
Saya lumayan ngos-ngosan, saya ajak Adskhan mengambil minum dan istirahat. Eh, ternyata saat istirahat dia malah ngambil buku di raknya dan asyik membaca.
Akhir-akhir ini saya kesulitan mengambil gambar Adskhan. Dia akan tertarik ikut melihat hp saya juga. Jadinya saya hanya bisa mengambil gambarnya sembunyi-sembunyi :)
Tantangan10Hari #Level7 #day12 #KuliahBunsayIIP #BintangKeluarga #JurnalAdskhan #1y6m3d

Adskhan yang Ceriwis

Salah satu hal yang paling kami syukuri adalah Adskhan tumbuh jadi anak yang riang dan pemberani.
Dan, akhir-akhir ini kosa kata Adskhan berkembang pesat. Baik kata-kata yang mirip dengan bahasa Indonesia, yang dia maksudkan tetapi pengucapannya belum sempurna atau bahasa bayinya.
Saat main bola, heboh ceriwis sendiri sambil berseru gol! Biasanya 'gol' dia katakan saat menendang bola. 
Saat mandi, ngajak ngobrol bebek dan bolanya. Di perjalanan (di atas motor) dia bersenandung.. Lagu terhafal dia 'Topi Saya Bundar'. Lagu yang dia tahu dan pasti menunjukan gerakan tertentu saat mendengarnya 'Dua mata saya', 'Burung Kakak Tua', 'Naik Delman', 'If You Happy and You Know it', 'Five Little Ducks' dll.
Hari ini, saat Adskhan ceriwis dan bersenandung, kami akan merekamnya dengan Hafiz Doll lalu diperdengarkan ke Adskhan. Adskhan tambah happy, dan semakin ceriwis lalu minta direkam lagi..hihi

Ternyata kegiatan merekam dan memutarkannya …

Resume Kulgram 'Keluarga Muslim Cerdas Finansial'

Gambar
Narasumber : Yuria Pratiwhi Cleopatra Moderator : Fitriyani Peresume : Nani Nurhasanah Hari, Tangggal : Rabu, 9 Agustus 2017 Pukul : 19.30-21.30 Group Telegram
Book Advisor Team V3
🌸💐🌸💐🌸💐🌸💐🌸
CV NARSUM
Nama   : Yuria Pratiwhi Cleopatra, S.T., M.Si Status.  : Menikah, anak 5 orang Hobi.     : Travelling  Riwayat Pendidikan  :  🐾 S2 Ekonomi Syariah UI,  🐾 S1 T. sipil ITB
Pengalaman Organisasi : -Salimah jawa barat, ketua dept pemberdayaan daerah
Pekerjaan/Aktivitas :  Ketua ITB Motherhood,  Konsultan ekonomi dan keuangan syariah, Pembina sekolah tahfizh Beranda Qur'an, Guru Homeschooling, penulis buku Keluarga Muslim Cerdas Finansial, Pengawas Syariah BMT Smart
🌸💐🌸💐🌸💐🌸💐🌸
MATERI
Manajemen Keuangan Keluarga oleh Yuria Pratiwhi Cleopatra
Landasan • Firman Allah: “Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka cakap (dalam mengelola harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya…” (QS. An-Nisa :6)
• “Seb…

Adaptability Adskhan

Gambar
Hari ini saya kembali belajar Tahsin setelah minggu lalu izin karena Adskhan sakit. Saya dan ayah Adskhan bersepakat untuk mencoba jadwal baru. Biasanya Ayah Adskhan belajar jam 7.30-09.30 sementara itu saya ngasuh Adskhan di Mesjid, dilanjut saya yang belajar pukul 10.00-12.00  ayah Adskhan ngasuh Adskhan. Kami berangkat dari rumah jam 7 pagi dan sampai rumah jam 1 siang. Begitulah ritme sebulan kemarin. Sengaja bergantian supaya bisa fokus belajar, karena Adskhan aktif banget. Minta main terus di playground mesjidnya, apalagi banyak anak-anak kecil lain. 
Ternyata setelah dijalani selama satu bulan Adskhan ngedrop karena makan dan tidurnya jadi gak teratur dan sembarang. Jadilah kami coba jadwal baru, sama-sama masuk pagi dan bergantian jagain Adskhan.
Alhamdulillah, ternyata tetap bisa belajar dengan efektif. Adskhan bisa beradaptasi saat kami belajar. 
Awalnya ikut saya dulu. Saat saya belajar, dia membaca buku. Dia terus memperhatikan area playground yang terlihat jelas dari rua…

Menggali Fitrah Keimanan Adskhan (Kecerdasan Spiritual/ Eksistensial)

Gambar
Setiap tiba waktu solat, saya mengajak Adskhan untuk solat juga. Alhamdulillah rumah kami dekat mesjid jadi setiap Adzan pasti terdengar dan Adskhan sudah paham jika itu tanda waktu solat.
Dia akan menggerakan tangannya seolah Takbir dan mengucapkan A-baaa (Allahu Akbar). Adskhan mengikuti saya berwudhu, dan ikut mencuci tangan dan kaki.

 Saya sengaja menyediakan sajadah kecil dan peci di samping sajadah dan mukena saya. Dia mengikuti gerakan saya solat. Takbir, ruku, sujud.
Setelah satu rakaat dia akan langsung main, entah naik ke punggung saya saat sujud atau bahkan menarik-narik mukena saya. Dia senang banget kalau sudah naik di punggung saat saya sujud.

Selesai solat, dia akan ikut berdoa.. Tangannya dibuka lalu berkata Aamiin dan mengusap mukanya dengan kedua tangan.



Jika kami tilawah, dia akan duduk di pangkuan sambil menyimak, lima menit kemudian bosan san merebut Al Qurannya.

Sebenarnya Adskhan sudah ayah biasakan diajak solat ke mesjid, di waktu Magrib, Isya dan subuh (jika m…

Bermain dengan Teman Baru

Hari kedelapan..
Hari Bermain Adskhan bersama tetangga barunya : Fatih dan Afkar. Fatih 3 tahun, Afkar 11 bulan, mereka kakak beradik. Orang tuanya baru pindah ke rumah depan kemarin siang.
Adskhan langsung menghampiri rumah depan sambil membawa bola, kebetulan Afkar dan neneknya sedang duduk di sana. Saya dan nenek Afkar mengobrol sambil memperhatikan Adskhan dan Afkar bermain anteng dengan bola mereka. Tetiba datang Fatih, dia merebut bola yang dipegang Adskhan. Memang Adskhan sedang memegang bola Afkar, bola Adskhan dimainin Adskhan. Adskhan gak mau ngsih bolanya, Fatih mendorong Adskhan dan mengambil bolanya. Untung Adskhan gak jatuh, hanya tersudut di tembok. Saya mengamati, menunggu respon Adskhan. Dia ingin merebut bola di Fatih, tapi Fatih keburu pergi. Untunglah Ibunya Fatih datang dan memberikan bola kepada Adskhan  Adskhan bermain lagi dengan Afkar, menendang bola dan melemparnya, masing-masing anteng dengan bola mereka.
Saya mengamati sisi emosional Adskhan. Dalam tahap p…

Belajar Melafalkan Kata dan Huruf Hijaiyah

Gambar
Sebelum tidur, saya mengajak Adskhan berdiskusi tentang hari ini. Apa saja yang kami lakukan, bagaimana perasaan dia dan hal-hal lainnya. Walaupun anak bayiku belum bisa merespon sepenuhnya, tetapi rasanya sangat menyenangkan mengobrol dengannya.
Setalah itu saya mengajak Adskhan melafalkan kata. Latihan kosa kata. Adskhan sudah bisa mengucapkan beberapa kata walaupun belum jelas tapi maksudnya kami paham. Mamah = makan Nonom = minum Ayah = ayah Da = bunda Babah = balon Bah = bola Bebe = bebek Baca = buku Dan kosa kata lainnya.
Malam ini kami belajar melafalkan huruf hijaiyah : a, ba, ta, tsa.. Dst Ayah membawa buku belajar tahsin dan mengajak Adskhan melafalkannya dengan irama. Adskhan tertarik dan dia bisa melafalkan beberapa huruf dengan tepat. Bahagia sekali melihat lidah mungilnya menari di dalam mulutnya.. Adskhan antusias dan terus mengulang-ulang huruf hijaiyahnya..
Manfaat dari aktivitas ini adalah stimulasi kecerdasan lingusitik dan juga eksplorasi ranah intrapersonalnya :)

Membaca Buku, Membuat Mata Adskhan Berbinar!

Gambar
Salah satu konsep fitrah based education yang saya sukai adalah inside out, menggali berdasarkan ketertarikan anak bukan 'menjejalinya'  Dan ini ternyata Adskhan banget. Di tantangan 10 hari game level 7, saya sudah menyiapkan rencana aktivitas.. Eh baru hari kelima sudah tidak terealisasi beberapa aktivitas. Selain karena Adskhan sakit (sehingga aktivitasnya disesuaikan agar gak terlalu capek) juga karena dia lebih berbinar saat menemukan keseruan bermain sendiri daripada yang saya siapkan.  Positifnya saya gak usah repot-repot nyiapin aktivitasnya. Saya tinggal observation ( pengamatan), engage (terlibat), watch and listen ( lihat dan dengarkan suara anak)  Seperti hari ini, pagi-pagi Adskhan sudah sibuk dengan buku-bukunya. Mojok di depan rak buku. Saya jadi leluasa beres-beres..hehe  Setelah selesai urusan domestik, saya ajak Adskhan membaca. Dia memilih buku Halo Balita Aku Bisa Wudhu dan Solat, Buku Sebelum Aku Tidur dan Ensiklopedi Mini Hewan di Peternakan. Menyimak s…

Memelihara Ikan

Gambar
Banyak sekali aktivitas Adskhan hari ini yang menarik untuk ditulis, mulai dari keantengan dia dengan bukunya sementara bundanya beres-beres di pagi hari, dia yang akrab bermain bersama Aldi, asyik bermain sama tulang daun pisang di kebun samping rumah saat bundanya menjemur baju, petualangan kami di tukang jahit, keseruan membaca buku 'Sebelum Aku Tidur', kemandirian dia main balok saat saya memasak untuk makan malam, dll.. Aah, banyak sekali...
Setiap momen bersamanya terasa sangat berarti. 
Saya tulis satu aktivitas saja sebagai laporan tantangan 10 hari di hari kelima..
Memelihara Ikan
Adskhan sangat suka ikan. Dia lahap jika makan ikan, dia mencari gambar ikan di buku-bukunya dan selalu mager saat kami bepergian dan tak sengaja melihat ikan (entah di kolam atau di tempat makan yang ada aquariumnya).
Dua hari yang lalu kami jalan-jalan ke Tandon Ciater. Terdapatlah pedagang ikan kecil-kecil. Saya dan suami galau mau beli atau gak, karena kami tak punya tempat untuk memeli…

Bermain Pukul Balon

Gambar
Adskan senang sekali balon, "Baba" celotehnya untuk balon. Dua balon ini Adskhan dapatkan grastis, balon merah dari pameran di JCC balon ungu dari Plaza BSD. Panjang perjalanan balon-balon ini hingga bisa sampai ke rumah kami.
Seperti biasa, Adskhan berbinar-binar matanya saat menendang dan melemparkan balon.  Kali ini saya ajak dia bermain agak berbeda dengan balonnya, yaitu tepuk balon.
Pelengkapan yang kami siapkan selain balon adalah alat pemukulnya. Tadinya mau membuat dari piring kertas direkatkan ke kayu. Karena dua-duanya gak ada, jadilah pendorong sepedanya Adskhan yang dijadikan alat pemukul..hihi
Adskhan antusias sekali, walaupun sedikit kerepotan mengkoorinasikan tangannya yang memegang pemukul agar bisa memukul balon tepat sasaran.
Manfaat dari bermain ini Eksplorasi ranah intrapersonal - kesabaran - pantang menyerah - fokus Stimulasi kecerdasan kinestetik - motorik kasar : berlari, jongkok, jinjit - motorik halus : memegang pemukul - koordinasi mata, kaki, tan…

Mendorong dan Memasukan Benda ke dalam Ember

Gambar
Kadang saya berpikir kalau Adskhan lebih asyik jika dia mengeksplorasi mainannya sendiri dibandingkan dengan beraktivitas yang saya siapkan. Seperti hari ini rencananya kita akan main di playground Mesjid Nurul Huda tempat saya belajar Tahsin, tetapi karena dia masih sakit hari ini saya izin dulu gak masuk kelas. Sehingga kami bermain dan bereksplorasi di rumah aja.
Ketika saya dan ayah Adskhan repot beres-beres rumah, tetiba Adskhan mengambil ember dan mendorongnya ke sana sini. Memasukan benda-benda yang ditemuinya : buku, baju, toples, bola sampai isinya penuh. Lalu dia mendorong lagi dan mengembalikan benda-benda tersebut ke tempatnya.
Saya dan ayahnya Adskhan hanya mengamati, kalau kami intrupsi pasti keseruan dia berkurang.  Setelah lelah bermain, Adskhan meminta saya mengambilkan minum.
Dari aktivitasnya, saya melihat beberapa manfaat : Eksplorasi kecerdasan body language/kinestetik - melatih koordinasi mata, tangan dan kaki - memperkuat otot jari, tangan, kaki Eksplorasi rana…

Hari Kedua - Mengelompokan Benda Berdasarkan Warna

Gambar
Rencananya hari ini Adskhan mau diajak bermain dengan teman-temannya. Qadarullah sakit, akhirnya dia di rumah saja. Aktivitas yang saya persiapkan masih dalam rangka stimulus kecerdasan spasial visual yaitu mengelompokan benda sesuai warna. Kebetulan dia sedang senang-senangnya memasukan benda-benda ke dalam tas dan dompet.
Tujuan : Stimulasi Kecerdasan Visual - Mengenalkan warna (bahasa) - Menumpuk benda (motorik halus) - Melatih konsentrasi dan fokus
Perlengkapan - tas kecil - puzzle playmate - kertas origami - double tape - gunting
Aktivitas Persiapan - menyiapkan puzzle playmate dua warna yang warna kuning dan biru - menempeli tas kecil dengan kertas origami berwarna kuning (berbentuk K) dan biru (B) Kegiatan  - Saya membriefing Adskhan, menjelaskan ada dua warna dari puzzle playmatenya. Kuning dan Biru. Minta Adskhan memasukan puzzle playmate kuning ke tas yang ditempeli kertas origami kuning dan yang biru ke kertas tas yang ditempeli kertas biru.
Hasil pengamatan : - Awalnya Adskha…

Game Level 7 "Semua Anak adalah Bintang " Dimulai...

Gambar
⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐
SEMUA ANAK ADALAH BINTANG
⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐
Tantangan 10 Hari

Semua orangtua setuju bahwa anak-anak didesain dengan membawa keunikan tersendiri. Namun seiring berjalannya waktu kadang keyakinan orangtua atas kemampuan anaknya terdistraksi oleh lingkungan sekitar.

Yuk, sama-sama belajar menjadi orangtua yang istimewa dan menjadikan  rumah tempat anak-anak menjadi bintang.
Asah kemampuan menjelajah potensi anak-anak. Jelajahi 4 area kehidupannya:
🌟 Ranah hubungan intra personal (konsep diri)
🌟 Ranah hubungan inter personal (hubungan sesama)
🌟 Ranah hubungan dengan change factor (melek perubahan)
🌟 Ranah hubungan dengan Tuhan-nya (melek spiritual)

👪 Bagi anda yang sudah menikah dan mempunyai anak
📌 Amati aktivitas anak yang membuat matanya berbinar-binar dalam kehidupan sehari-hari.
📌 Temukan dan catat kekuatan anak-anak dalam aktivitas tersebut.
 ðŸ“ŒAjak ananda membuat proyek terkait kegiatan yang membuatnya berbinar.


Tahap Persiapan 1. Mencari tahu dulu teori-teori pendukung dan mil…

Aliran Rasa I Love Math

Gambar
Math is fun  oh math is fun Usefull in our life  O o o Important for me For you for us So that life became easier


Suatu hari suami saya menyanyikan lagu itu, katanya mau ngajarin ke murid-muridnya.. Lama kelamaan saya jadi hafal lagunya..hehe
Memasuki game level 6 ini, saya berusaha mencari tahu tahap tumbuh kembang anak usia 17 bulan dan menghubungkan kira-kira keseruan apa yang kami bisa lakukan dengan matematika.
Setelah searching sana sini, akhirnya saya putuskan untuk mengalir saja. Biarkan Adskhan bereksplorasi dengan mainan-mainannya, pasti ada yang berhubungan dengan matematika. Saya gak mau menggegas dia untuk belajar menghitung dan lain-lainnya. Biarkan fitrah nalar belajarnya tumbuh sendiri.
Benar saja, setiap hari ketemu saja dengan hal yang berhubungan dengan matematika. Saat Adskhan menumpahkan kue, bermain bola, dan lain-lain.  Saya tinggal mengikat maknanya, sesuai pemahaman Adskhan sambil memperkenalkan dia dengan kosa katanya.
Yes, math is fun I love math Math around us

Pulang

Gambar
Gun menatap gerbang stasiun di hadapannya. Akhirnya dia berhasil membeli tiket dari uang tabungan yang dikumpulkan selama 3 tahun berjualan es dawet di ibu kota. Bayangan ibu, istri dan anak-anaknya silih berganti, rindu.
Suara lantang petugas stasiun terdengar untuk ketiga kalinya. Mengumumkan  kereta jurusan Jakarta - Purwokerto akan segera berangkat. Gun masih berdiri di depan stasiun, menunggu seseorang mengembalikan tiket kereta beserta dompetnya yang raib entah ke mana.

Tinggi yaa (Posisi)

Hari ini kami belajar Tahsin seperti biasa. Dari semalam Adskhan sudah dikondisikan bahwa besok akan beraktivitas di luar rumah setengah harian.
Jadwal belajar tahsinnya Ayah jam 07.30-09.30 Bunda jam 10.00-12.00. Sengaja gak dibarengin biar bisa optimal belajar terganggu sama mikirin Adskhan.hehe
Saat menunggu Ayah belajar, Adskhan asyik main di play ground mesjid. Dia naik prosotan terus meluncur sendiri. Saya ngeri2 gimana ngelihat bayi 17 bulan berani naik tangga ke atas prosotan lalu meluncur. Memastikan Adskhan baik-baik saja dengan mendampinginya dan menyampaikan kalau 'prosotannya tinggi, Adskhan harus hati-hati'.
Ketika asyik bermain, tetiba ada suara pesawat. Adskhan menoleh ke atas sambil menunjuk ke arah pesawat -- pesawatnya terlihat jelas -- saya menyampaikan kalau pesawatnya terbang di langit yang tinggi.
Mengasuh Adskhan selama 2 jam di tempat umum lumayan melelahkan.. Dia gak mau diam. Naik ke deretan bangku (mungkin ada 2 meter), lagi-lagi saya bilang 'H…

Pengantin

Randi mengamati perempuan cantik di depannya. Tak henti-hentinya dia mengagumi gadis pujaan hatinya yang tampil menawan dalam balutan gaun pengantin. Sejak SD dia menyukai Rara. Cintanya terus bersemi hingga mereka sama-sama lulus dari perguruan tinggi.
"Mas, tolong minggir sedikit saya mau motret pengantinnya" suara fotografer membuyarkan lamunannya.
Kini Randi memandangi Rara dari kejauhan, Rara tetap tampil mempesona sambil sesekali tersipu menatap Rangga suaminya.

Belajar Berhitung dari Buku Swan Harbor

Gambar
Kemarin Ayah pinjem buku-buku besar dari sekolahnya. Adskhan senang sekali. Seharian ingin baca buku itu terus. Bukunya ada 4 :)
Eh, ternyata buku Swan Harbor buku untuk belajar berhitung. Adskhan belajar juga, mengamati gambarnya lebih tepatnya. Bunda meminta Adskhan menunjukan gambar-gambar hewan yang ada di sana. Lalu menghitung bersama-sama.
Menyenangkan sekali :)

Sajadah Bunda yang Besar, Sajadah Adskhan yang Kecil

Saat solat Dzuhur, saya mengajak Adskhan solat juga. Menyediakan sajadah kecil untuknya, saya yang besar.  Pembiasaan yang selalu kami lakukan. Tetapi Adskhan gak mau solat di sajadahnya yang kecil, mau solat di sajadah bundanya. Lebih tepatnya berdiri di depan Bunda..hehe
Baiklah, saya tukar sajadahnya. Adskhan yang besar, saya yang kecil. Dia pun nurut. Ikutan takbir, rukuk dan sujud versinya. Lalu ketika saya sujud naik ke punggung saya...hehehe
Ya sudahlah namanya anak-anak. Setelah solat saya meminta Adskhan agar tidak naik punggung saya saat solat karena khawatir jatuh dan saya tidak bisa khusu solat. Saya menjelaskan juga kalau nanti ashar, Adskhan solatnya di sajadah yang kecil aja. Karena Adskhannya masih kecil juga. Jadi ukurannya pas..hihi

Mana jari Adskhan? Yuk Potong Kukunya ;)

Siang ini Adskhan menemukan gunting kuku, dia segera memberikan kepada saya. Saya menjelaskan fungsinya sambil langsung praktik menggunting kuku sendiri. Memberi tahu Adskhan kalau kuku yang panjang harus digunting. Kuku yang digunting menjadi pendek. Konsep panjang dan pendek.
Adskhan penasaran, ingin mencoba menggunting juga tetapi belum bisa. Lalu saya minta Adskhan menunjukan jari tangannya, menghitungnya bersama-sama, mencari kuku yang sudah panjang untuk saya potong. Adskhan tersenyum geli setiap saya memotong kukunya. Biasanya saya memotong kuku Adskhan saat dia tidur, karena kalau saat terjaga dia gak akan diam. Tapi kali ini berbeda, Adskhan menikmati prosesi pemotongan kuku..hehe

Berat Mana? Bebek Kecil atau Induk Bebek?

Masih bermain dengan bebek. Adskhan suka sekali bebek. Kali ini dia melempar anak bebeknya lalu induk bebeknya. Saat melempar, induk bebek kena kepalanya. Adskhan nyengir, sakit..hehe
Nah, itu karena Induk bebeknya berat jadi kalau dilempar dan kena kepala sakit. Lalu dicoba lagi melempar anak bebek, kena kepalanya tapi gak sakit. Itu karena anak beneknya kecil dan ringan.