Adaptability Adskhan



Hari ini saya kembali belajar Tahsin setelah minggu lalu izin karena Adskhan sakit. Saya dan ayah Adskhan bersepakat untuk mencoba jadwal baru. Biasanya Ayah Adskhan belajar jam 7.30-09.30 sementara itu saya ngasuh Adskhan di Mesjid, dilanjut saya yang belajar pukul 10.00-12.00  ayah Adskhan ngasuh Adskhan. Kami berangkat dari rumah jam 7 pagi dan sampai rumah jam 1 siang. Begitulah ritme sebulan kemarin. Sengaja bergantian supaya bisa fokus belajar, karena Adskhan aktif banget. Minta main terus di playground mesjidnya, apalagi banyak anak-anak kecil lain. 

Ternyata setelah dijalani selama satu bulan Adskhan ngedrop karena makan dan tidurnya jadi gak teratur dan sembarang. Jadilah kami coba jadwal baru, sama-sama masuk pagi dan bergantian jagain Adskhan.

Alhamdulillah, ternyata tetap bisa belajar dengan efektif. Adskhan bisa beradaptasi saat kami belajar. 

Awalnya ikut saya dulu. Saat saya belajar, dia membaca buku. Dia terus memperhatikan area playground yang terlihat jelas dari ruangan tempat belajar, ketika ada Ibu yang datangnya terlambat dan membuka pintu berlarilah dia keluar dan bergabung bersama teman-temannya yang sedang asyik bermain.


Saya mengikutinya dan membiarkan Adskhan bermain sebentar, lalu menyampaikan kepada Adskhan kalau Bunda harus belajar dan masuk kelas, Adskhan mainnya setelah Bunda selesai belajar. 

Saya mengajak Adskhan ke ruangan tempat Ayahnya belajar di lantai 2. Dan menitipkan Adskhan pada Ayah. Menurut Ayah, selama Ayah belajar Adskhan ikut belajar juga dengan anteng. Sekali ngajak bermain keluar, setelah itu mau diajak masuk lagi.

Adskhan mengikuti kelas, seperti saat berdoa dia juga ikut berdoa.
Pulang Tahsin, saya segera bergabung dengan pengurus IIP yang sedang mengikuti workshop. Walaupun terlambat tetapi masih mendapat kesempatan menyimak materinya dan praktik. Selama saya ikut workshop, Adskhan bermain sama Ayah di luar. Tertib dan anteng..

Terima kasih ya Nak, sudah bekerja sama dan mempunyai belajar beradaptasi... :*

#Tantangan10Hari
#Level7
#day10
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#JurnalAdskhan
#1y6m2d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi