Bermain dengan Teman Baru

Hari kedelapan..

Hari Bermain Adskhan bersama tetangga barunya : Fatih dan Afkar. Fatih 3 tahun, Afkar 11 bulan, mereka kakak beradik. Orang tuanya baru pindah ke rumah depan kemarin siang.

Adskhan langsung menghampiri rumah depan sambil membawa bola, kebetulan Afkar dan neneknya sedang duduk di sana. Saya dan nenek Afkar mengobrol sambil memperhatikan Adskhan dan Afkar bermain anteng dengan bola mereka. Tetiba datang Fatih, dia merebut bola yang dipegang Adskhan. Memang Adskhan sedang memegang bola Afkar, bola Adskhan dimainin Adskhan. Adskhan gak mau ngsih bolanya, Fatih mendorong Adskhan dan mengambil bolanya. Untung Adskhan gak jatuh, hanya tersudut di tembok. Saya mengamati, menunggu respon Adskhan. Dia ingin merebut bola di Fatih, tapi Fatih keburu pergi. Untunglah Ibunya Fatih datang dan memberikan bola kepada Adskhan
 Adskhan bermain lagi dengan Afkar, menendang bola dan melemparnya, masing-masing anteng dengan bola mereka.

Saya mengamati sisi emosional Adskhan. Dalam tahap perkembangan sosio emosional, anak seusia Adskhan sedang dalam tahap :
- Menunjukan reaksi tidak suka/ marah jika merasa terganggu, misal saat mainannya diambil
- Bermain dengan teman namun sibuk dengan mainannya sendiri
- Menunjukan reaksi berbeda terhadap orang yang dikenal dan orang yang tidak dikenal

Alhamdulillah Adskhan sudah mencapai tahapan di atas. Jika bertemu anak kecil dia akan cepat akrab dan mengajaknya bermain.
Kecerdasan interpersonal Adskhan sudah terlihat, dia gampang akrab dengan siapa saja.

#Tantangan10Hari
#Level7
#day8
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#JurnalAdskhan
#1y6m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi