Memelihara Ikan



Banyak sekali aktivitas Adskhan hari ini yang menarik untuk ditulis, mulai dari keantengan dia dengan bukunya sementara bundanya beres-beres di pagi hari, dia yang akrab bermain bersama Aldi, asyik bermain sama tulang daun pisang di kebun samping rumah saat bundanya menjemur baju, petualangan kami di tukang jahit, keseruan membaca buku 'Sebelum Aku Tidur', kemandirian dia main balok saat saya memasak untuk makan malam, dll.. Aah, banyak sekali...

Setiap momen bersamanya terasa sangat berarti. 

Saya tulis satu aktivitas saja sebagai laporan tantangan 10 hari di hari kelima..

Memelihara Ikan

Adskhan sangat suka ikan. Dia lahap jika makan ikan, dia mencari gambar ikan di buku-bukunya dan selalu mager saat kami bepergian dan tak sengaja melihat ikan (entah di kolam atau di tempat makan yang ada aquariumnya).

Dua hari yang lalu kami jalan-jalan ke Tandon Ciater. Terdapatlah pedagang ikan kecil-kecil. Saya dan suami galau mau beli atau gak, karena kami tak punya tempat untuk memeliharanya. 
Melihat antusiasme dan binar mata Adskhan, jadilah kami membeli 5 ekor ikan cetul sepanjang 1cm seharga 5.000,-

Ikannya kami taruh di botol aqua (gak punya toples nganggur). Ayah mengajak Adskhan membriefing Adskhan, dan menyampaikan bahwa ikan tersebut harus kita pelihara dengan baik. Lalu ayah mengajak Adskhan menyiapkan tempat ikan, mengajari Adskhan cara mengganti air dan memberi makan. 

Tadi pagi saya dan Adskhan mengecek ikannya. 
Bersama-sama mengganti airnya dan memberi makan ikan. Adskhan senang sekali.

Manfaat dari aktivitas ini
- stimulus kecerdasan natural
- observasi ranah intrapersonal (sabar, bersungguh-sungguh)
- stimulus kecerdasan kinestetik (memberi makan ikan, mengganti air)

" the greatest gifts you can give your children are the roots of responsibility and the wings of independence" Denis Waitley

#Tantangan10Hari
#Level7
#day5
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#JurnalAdskhan
#1y5m27d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi