Menulis itu Bermanfaat dan Mudah

Mendapat tugas membuat camilan untuk materi Menstimulasi Anak Suka Membaca di Kelas Bunda Sayang.

Dan inilah tulisan saya

***

Menulis itu Bermanfaat dan Mudah

Menulis adalah tingkatan keahlian terakhir dalam bidang bahasa setelah mendengar, berbicara, dan membaca.
Menulis merupakan kegiatan mental dalam menciptakan ide dan gagasan yang mempunyai nilai dan manfaat.
Data beberapa penelitian menyebutkan betapa rendahnya budaya literasi di Indonesia, begitu pun dengan menulis.

Padahal, menurut penelitian Dr Pennebeker (1997), menulis mempunyai beberapa manfaat yaitu :

1. Menulis menjernihkan pikiran

Saat memulai sebuah tugas yang rumit, cobalah untuk menuliskan pikiran dan perasaan Anda. Para ahli hipnotis profesional sering menggunakan teknik ini untuk mempercepat proses hipnotis.Pada dasarnya, mereka meminta klien mereka untuk menuliskan pikiran dan perasaan mereka pada saat itu. Saat klien mereka selesai menulis, ahli hipnotis ini meminta klien untuk merobek kertas yang mereka pakai dan membuangnya. Hal ini merupakan sebuah tindakan simbolis bagi penjernih pikiran.

2. Menulis mengatasi trauma yang menghalangi penyelesaian tugas-tugas penting

Sesudah terjadinya sebuah kemelut yang besar, orang- orang cenderung dihantui kejadian tersebut. Dalam memikirkan trauma tersebut, orang-orang akan menggunakan kapasitas pikirannya yang terbesar. Oleh sebab itu,mereka akan menjadi pelupa dan tidak bisa memusatkan perhatian mereka pada pekerjaan-pekerjaan batu yang besar .

Menulis tentang trauma akan membantu dalam mengelola trauma, dengan demikian membebaskan pikiran untuk menangani tugas-tugas lain.

3. Menulis membantu dalam mendapatkan dan mengingat informasi baru

Menulis catatan yang penuh pemikiran membantu  mendapatkan dan mengingat kembali gagasan-gagasan baru. Selain itu bisa membantu memberikan suatu kerangka yang bisa dipakai untuk memahami perspektif baru dan unik dari orang lain. Bahkan 
menulis tentang hal tersebut akan membuat gagasan-gagasan semakin jelas dan mudah untuk diingat.

4. Menulis membantu memecahkan masalah

Menulis mendorong proses integrasi informasi, maka menulis bisa membantu memecahkan masalah-masalah yang rumit. Jika seseorang menulis dengan bebas tentang sebuah masalah yang rumit yang sedang ia hadapi, ia akan lebih mudah untuk mendapatkan pemecahannya.

Ada beberapa alasan untuk hal ini. Salah satunya adalah bahwa menulis memaksa orang-orang untuk memusatkan perhatian mereka lebih panjang pada satu topik tertentu daripada kalau mereka hanya memikirkannya. Menulis lebih lambat daripada berpikir. Setiap gagasan harus dipikirkan dengan lebih terperinci.

Menulis lebih bersifat "linier" daripada berpikir, yaitu bahwa menulis memaksa suatu gagasan untuk ditranskripkan sebelum gagasan lainya mulai dipikirkan.

5. Menulis bebas membantu kita ketika kita terpaksa harus menulis

Menulis dengan bebas tentang apa yang Anda pikirkan dan rasakan, bisa membebaskan kemampuan menulis Anda. Bahkan, penulisan bebas bisa berguna sebagai landasan bagi sebuah rancangan kasar sebuah tulisan formal.

Menulis bisa menjadi sebuah kemampuan yang sangat berharga dalam mempelajari dan menghadapi dunia. Pada kesempatan yang tepat, menulis bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Meskipun bukan suatu obat yang serba manjur, penggunaan kegiatan menulis secara bijaksana bisa memperbaiki kualitas kehidupan sebagian besar dari kita.

Memang disadari, menulis merupakan kata kerja aktif yang membutuhkan upaya lebih dibanding kemampuan literasi lainnya. Namun bukan menjadi alasan meninggalkan budaya menulis.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan agar menulis menjadi lebih mudah :

1. Mulai menulis dengan benar
2. Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar
3. Membaca lebih banyak
4. Pelajari teknik menulis
5. Konsisten menulis

Tidak ada istilah terlambat dalam menulis. Andrea Hirata yang bukunya menjadi best seller misalnya, mulai menulis pada usia 40 tahun. 
Jadi, mulai menulis lah saat ini juga.

"Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi" Helvy Tiana Rosa

Sumber bacaan :

Quantum Writing: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Hernowo. 2003.

Mengikat Makna Update : Membaca dan Menulis yang Memberdayakan. Hernowo 2009.

Cara Menulis Mudah. Saidulkarnain Ishak 2014.

https://www.goodreads.com/book/show/6454796-quantum-writing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi