Aliran Rasa Gaya Belajar Anak

Memasuki materi keempat tentang gaya belajar anak membuat saya sedikit bingung.  Walaupun dulu sudah akrab dg VAK dalam posisi sebagai guru, tetapi rasanya sedikit pelik menemukan gaya belajar pada bayi 14 bulan.

Saya coba saja. Dimulai dengan  kegiatan-kegiatan sederhana seperti mengenalkan mainannya,  benda di sekitar dan lain-lain. 

Hari ketiga, saya mati gaya. Saya tidak mengawali dengan memberikan intervensi apapun. Membiarkan Adskhan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Saya mendampingi dan mengamati bagaiamana Adskhan bermain dengan buku-bukunya, bereksplorasi dengan air di bak mandi, beradaptasi saat bertemu teman dan lingkungan baru.

Saya menemukan betapa cerdasnya Adskhan. Dia mempunyai rasa ingin tahu tinggi, tak menyerah kalau menemui tantangan, dan belajar dari pengalaman.
Saya melihat Adskhan tertarik untuk belajar hal baru (learn), mengeliminasi informasi yang dia tidak tertarik dg hal tersebut (unlearn) dan belajar lagi hal yang dia sukai, bahkan kadang dengan modifikasi (relearn).

Misalnya saat saya ajarin lagu trandisional 'jingjiripit' lalu lagu 'topi saya bundar'.
Adskhan mengikuti proses belajar dua-duanya, tetapi dia memilih untuk lebih belajar tentang jingjiripit. Beberapa hari kemudian, ketika saya menyanyikan lagu topi saya bundar untuk 'call back' dia merespon dengan memperagakan gerakannya, namun kurang antusias. Beda dengan lagu jingjiripit, tanpa saya awali dengan lagu pun dia akan memperagakan dengan tangannya, tersenyum dan menarik tangan saya untuk ikut memperagakannya juga.
Atau ketika dia belajar tentang air. Adskhan mengoservasi bagaimana ember bisa mengapung, hingga kemudian Adskhan menemukan cara agar embernya bisa tenggelam lalu berstrategi agar bisa menyingkirkan ember tersebut supaya dia sendiri yang mencoba nyebur ke dalam bak air.

Akhirnya, sebagai ibu saya menyadari. Bahwa saya tidak bisa menjadi buku yang memuat semua informasi yang Adskhan butuhkan. Tetapi saya harus bisa menjadi korek api yang memantik rasa ingin tahunya, kemudian biarkan dia mencari jawaban sendiri.




#AliranRasa
#gayabelajaranak
#ibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

Andragogi dan Fasilitasi

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu