Ulasan Novel Misteri Sutra yang Robek

Sumber fotohttps://books.google.co.id/books/about/Misteri_Sutra_yang_Robek.html?id=GldFDwAAQBAJ&redir_esc=y&hl=id 


Hai teman-teman, saya mau mengulas buku Misteri Sutra yang Robek. Ini adalah buku kesekian karangan S. Mara Gd. yang saya baca. 

Belakangan saya tahu bahwa S. Mara Gd. Adalah penulis novel thriller #1 di Indonesia. Memang sih, diantara novel-novel thriller lokal lain, karya beliau yang paling logis. 

Saya pun ketagihan membaca karyanya, karena novel-novel thriller buatannya cukup memenuhi standar logika saya. Gak ada unsur mistik (yang kadang jadi penambal lubang agar telihat lebih misteri sekaligus jadi solusi pemecahan masalah) dan tidak ada 'tangan Tuhan' alias ujug-ujug bisa terjadi. 

Karya-karya beliau cukup membuat otak berpikir aktif merangkai fakta demi fakta agar pembaca bisa menemukan pelakunya.

Nah, di Novel Misteri Sutra yang Robek pun seperti itu. Buku diawali dengan kisah perselingkuhan Ir. Sutra dengan Roda. Nama dua tokohnya cukup unik.
Ir. Sutra sudah punya istri bernama Ayu. Namun Ir. Sutra tidak puas dengan pernikahannya karena saat menikah Ayu sudah tidak perawan. Ir. Sutra merasa ditipu, rasa inilah yang membuat pernikahan mereka tidak harmonis dan kerap sekali terjadi kekerasan dalam rumah tangga.
Roda, gadis cantik yang kaya dan manja hadir dalam pernikahan mereka bukan karena dia mencintai Ir Sutra tetapi karena rasa penasaran untuk menaklukan lelaki yang sudah menikah.
Konflik pernikahan semakin memuncak, karena Ir Sutra dan Ayu masih belum dikaruniai anak, hadirnya Roda plus campur tangan Kakaknya Ir Sutra.

Pernikahan Ir Sutra dan Ayu berakhir karena terbunuhnya Ir Sutra. Ayu menjadi tersangka utamanya. Ayu yang mempunyai motif paling kuat untuk membunuh suaminya dan semua fakta mengarah padanya.

Kehadiran Kapten Polisi Kosasih dan Gozali yang mengungkap misteri menjadi sajian khas novel thriller S Mara Gd.

Secara keseluruhan novel ini bagus, S. Mara Gd mampu membuat plot yang membuat penasaran dan menghasilkan fakta demi fakta yang membuat kasusnya bisa diungkap. 
Setelah membaca beberapa buku beliau, saya bisa melihat pola kemunculan tokoh yang akan dijadikan tersangka pada setiap novelnya. 
Walaupun begitu, kisah yang disajikan selalu menarik. Dibalut pesan tentang nilai kehidupan yang diyakini penulis yang ingin disampaikan  kepada pembaca.

Ada yang pernah membaca buku S. Mara Gd yang lain?

Sharing yuk.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi