4 Aplikasi atau Situs Baca Gratis yang Wajib Kamu Ketahui

Pernah gak sih pengen baca buku fiksi tapi semua buku yang berjejer di rak sudah dihafal isinya?
Mungkin, kamu perlu tahu empat aplikasi atau situs  baca gratisan yang bisa sama handphonemu. Tentunya harus berkuota ya.
Simak yuk apa saja!

1. Wattpad
Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi telepon pintar asal Toronto, Kanada. Wattpad pertama kali launching tahun 2006.  Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. 
Wattpad mempunyai banyak kategori. Ada kategori romance, fiksi ilmiah, fantasi, humor, paranormal, misteri/getaran, horor, petualangan, fiksi sejarah, fiksi remaja, fiksi penggemar, puisi, cerita pendek, fiksi umum, chiklit, laga, vampir, manusia serigala, spiritual, non-fiksi, klasik atau acak. Kalian bisa dengan bebas memilih kategori atau genre bacaan yang ingin kalian baca atau yang kalian sukai dan kalian juga bisa memilih genre tulisan yang akan kalian posting di Wattpad. Wattpad juga memberi penghargaan tiap tahunnya bagi para penulis yang tulisannya mendapat vote terbanyak atau yang paling di sukai atau digemari oleh pembaca. Penghargaan ini biasa disebut 'Watty Awards'. Kalian bisa klik tombol atau ikon Vote untuk mem-Vote cerita yang kalian sukai agar cerita tersebut bisa memenangi penghargaan Watty Awards.
Wattpad bisa diintip di https://www.wattpad.com/

2. Storial

Storial adalah story sharing platform yang memungkinkan penulis yang ingin menulis buku, untuk menulis dan menyebarkan karyanya bab per bab. Storial didirikan oleh Ega, Ollie yang sebelumnya telah tergabung dalam nulisbuku.com, Steve (CEO) dan Sofia (CTO) tahun 2015.
Keunggulan Storial adalah tidak bisa di-copy paste. Sehingga meminimalisasi tindak plagiat. Yang membuat bangga adanya penilaian dari admin berupa Buku Pilihan Minggu Ini. Setiap pekan, dipilih cerita-cerita berkualitas karya para Storialis.
Tidak berhenti di situ, motivasi di Storial juga berasal dari royalti. Setelah bab 5 gratis, untuk bab 6 bisa di-setting berbayar sehingga penulis memperoleh royalti. Harga mata uangnya berupa Storial coin.
Motivasi terbaru dari Storial.co adalah lencana bagi setiap akun. Warna lencana menunjukkan kelas dari terendah sampai tertinggi. Pokoknya Storial penuh dengan motivasi.
Cek storial di https://www.storial.co



3. Ipusnas
iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital buatan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 
Fitur-fitur unggulan iPusnas :
• Koleksi Buku : Ini adalah fitur yang mengantarkan kita menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas. Pilih judul yang kita inginkan, pinjam dan baca hanya dengan ujung jari.
• ePustaka : Fitur unggulan iPusnas yang memungkinkan  kita bergabung menjadi anggota perpustakaan digital dengan koleksi beragam dan menjadikan perpustakaan berada dalam genggaman.
• Feed : Untuk melihat semua aktifitas pengguna iPusnas seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain dan beragam aktifitas lainnya.
• Rak Buku : Merupakan rak buku virtual milik kita. Semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya.
• eReader : Fitur yang memudahkan Anda membaca ebook di dalam iPusnas.
Kelebihan dari ipusnas yang saya, kita bisa download dulu ebooknya, lalu membaca di handphone dengan mode flight atau mematikan data seluler sehingga tidak terganggu dengan notifikasi yang masuk.
Ipusnas bisa didownload di google play atau http://ipusnas.id


4. Komunitas Bisa Menulis
Komunitas Bisa Menulis adalah grup Facebook yang didirikan oleh suami istri Isa Alamsah dan Asma Nadia. Grup yang sudah mempunyai 30 ribu anggota lebih ini awalnya menjadi tempat latihan para penulis pemula. Sesekali para penulis senior memberikan kritik dan saran atas tulisan yang diposting di sana. Namun, akhir-akhir ini KBM menjadi tempat para pembaca agar bisa mendapatkan hiburan gratisan. Seperti saya..hehe
Untuk bergabung dengan grupnya silakan klik https://www.facebook.com/groups/KomunitasBisaMenulis/



Sebenarnya masih ada aplikasi dan situs baca lainnya, seperti cabaca. Namun sejauh ini hanya empat aplikasi di atas yang sering saya gunakan.

Kalau kamu, suka baca di mana?


Sumber 
http://lib.ulm.ac.id/id/?p=2874
https://www.kompasiana.com/elkiaaulia/55547d8c73977331149054eb/wattpad-aplikasi-keren-bagi-para-penulis-dan-pembaca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi