Refleksi di Pinggir Danau

Masya Allah, jurnal 7 kelas Bunda Cekatan adalah bongkar-bongkar dan melakukan refleksi.

Setelah membuka, membaca dan merenungi perjalanan dua bulan ini, yang saya dapatkan adalah
Kemudian, mari merefleksikannya

  1. Apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan di peta? Alhamdulillah sufah 90% sesuai dengan peta belajar. 
  2. Ilmu apa yang lebih banyak kudapatkan? Alhamdulillah lebih banyak mendapatkan makanan dibanding camilan. Makanan yang saya dapatkan lebih banyak tentang manajemen emosi dibanding manajemen finansial. Saat memilih keluarga, sebenarnya saya lebih dulu masuk keluarga manajemen finansial dibanding manajemen emosi. Namun saat pekan ketiga, saya menyadari bahwa bahasan di manajemen finansial sudah bukan makanan saya. Saya merasa sudah kenyang di keluarga tersebut, akhirnya pamitan di pekan ke-4. Saya pun fokus belajar di keluarga manajemen emosi dengan fokus manajemen marah. Pengelolaan di keluarga manajemen emosi menurut saya cukup baik, sehingga tidak tsunami informasi.
  3. Apa yang membuatku bahagia? Bahagia karena bisa belajar dari expert dan pelan-pelan mengaplikasikan dalam kehidupan saya. Saya pun bisa memilah mana yang harus saya pelajari mana yang sebaiknya saya tinggalkan. Benar-benar #merdekabelajar
  4. Bagaimana strategi belajarku? Ternyata masih belum efektif. Saya cek ulang di rencana belajar, seharusnya sehari 60 menit. Ternyata itu belum saya lakukan, hanya mengalokasikan waktu sepekan 1-2 jam saja, jauh sekali dari target. Rencana tindak lanjutnya, saya mengalokasikan waktu 30-60 menit perhari untuk menuliskan jurnal tentang hal yang saya pelajari tentang ilmu tersebut, sehingga memaksa saya untuk belajar. Hal yang sudah baik yang saya lakukan adalah fokus pada ilmu yang ingin saya pelajari.
  5. Apa yang harus ditingkatkan? Knowing - being - sharing. Saat ini saya baru pada tahapan knowing dan menuju being. Maka saya akan berusaha mendalaminya (being) dengan sepenuh hati dan membagi (sharing) apa yang saya lakukan dan rasakan dalam jurnal. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi