Finding My Buddy

Alhamdulillah pekan kedelapan kelas ulat-ulat Bunda Cekatan.
Mendapatkan buddy istimewa Mbak Ismi Nur Cahyani (IP Jakarta). Mengenal beliau saat Perak Kendal setahun yang lalu.
Mbak Ismi dan Keluarga

Mbak Ismi mempelajari beberapa ilmu selama Bunda Cekatan, ini pemetaannya



Kemudian kami pun banyak berbincang menggali aliran rasa masing-masing selama kelas Bunda Cekatan.
Berikut aliran rasa yang disampaikan Mbak Ismi..


1. Hal menarik apa yg Mbak rasakan selama kelas Bunda Cekatan?
"Yang menarik tentulah cara belajarnya dan kejutan2 yang diberikan bu septi mba. Jadi membuat kita semakin semangat, apalagi ya tantangan pekan depan trus selain itu juga alur belajarnya itu runtut gtu mba. Aku suka itu. Jadi kita pun ga bingung"

Mbak Ismi dan saya sama-sama menanti kelas Bunda Cekatan selama dua tahun, jadi kami begitu semangat saat mengikuti Bunda Cekatan batch #1 ini.

2. Tantangan apa yg Mbak rasakan? Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?
" Tantangannya adalah konsistensi menerapkan ilmu yang sudah didapat sesuai kebutuhan mbak. Teringat kata2 bu septi saat live kala itu, kalau bu septi mendapatkan ilmu baru, beliau berusaha menerapkannya meski cuma 1 poin saja dari ilmu yg di dapat.
Nah di mind map belajarku, sebenarnya ada 5 poin yg ingin ku pelajari yaitu memanajemen diri, membersamai anak, finansial, komunikasi dan menu.
Sudah menemukan makanan dari poin2 tersebut sebenarnya meski belum secara menyeluruh tapi harusnya bisa mulai ku praktekkan ilmu itu sedikit demi sedikit.
Jadi, pekan ini rasanya pingin mengurai keruwetan yg ada dipikiranku krn saking banyaknya input yg masuk tpi blum di proses.
Langkahnya dimulai dengan menuliskan apa yg sudah didapatkan dulu lalu mengelompokkannya berdasarkan prioritas dan memetakan waktu penerapannya. Jika 1 ilmu konsisten, maka tambah 1 ilmu lagi gtu...harapannya begitu mba hehe "

3. Ilmu apa yg paling bermanfaat?
" Semuanya bermanfaat sebenarnya mba. Tpi kalau disuruh memilih ya sesuai kebutuhan yg mendesak saat ini yaitu bermain bersama anak."

4. Ilmu apa yg paling ingin dipelajari selama pekan-pekan selanjutnya?
"Di buncek yg menjadi prioritas saya memang bermain bersama anak mba karena pingin saat membersamainya itu bermakna dan bisa merencanakannya dengan baik. Salah satu penunjangnya ya dg ikutan binar ini mba. Karena setelah lahir anak 2, kegiatan bermainnya masih acak2an mba. Belum trrtata lagi. Selanjutnya pingin mempelajari manajemen emosi mba. Setelah ku renungi ternyata harusnya aku bisa mengelola emosi dulu baru bisa beranjak ke yg lain."


Berdasarkan obrolan lanjutan kami, Mbak Ismi menyampaikan kalau ingin fokus mempelajari tahapan tumbuh kembang anak dan stimulasinya (menemani anak bermain) dan innerchild (manajemen emosi)

Dari aliran rasa tersebut, saya memutuskan meramu bekal untuk Mbak Ismi. Tara... Inilah dia

Bekal untuk buddy-ku

1. Menemani Anak Bermain
Menu :
▶ Tahap Perkembangan dan Stimulasi Anak Usia Dini 0-6 tahun
▶Manajemen Waktu Bermain dengan Anak
▶Membangun Kelekatan Ibu dan Anak Melalui Bermain
▶ Membiasakan Berpikir Kritis kepada Anak Usia Dini
▶ Kenali pertumbuhan anak, hati-hati stunting!
▶Membuat Menu Bermain

2. Innerchild
Materi tentang innerchild bisa dilihat di sini 


Semoga bermanfaat ya. Alhamdulillah, senangnya bisa saling berbagi dan menyemangati dengan Mbak Ismi.. Semoga Allah meridhai langkah-langkah kita. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi