Mengisi dan Mengirim Wesel Pos (B.Ind/VI/I)
Abstraksi
Mengisi
formulir wesel pos merupakan salah satu
kompetensi dasar dari pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6. Menjelaskan cara mengisi dan mengirim wesel
pos menjadi hal penting karena tidak
semua orang memiliki rekening bank yang
bisa digunakan untuk mengirim uang secara praktis. Bagaimana cara mengajarkannya
kepada siswa kelas 6 SDN Oi Marai? Simulasi di dalam kelas dirasa menjadi
metode yang cukup efektif, karena akses untuk menuju kantor pos di kecamatan
Tambora yang cukup jauh sehingga kurang memungkinkan apabila siswa langsung
melakukan simulasi ke kantor pos.
Latar Belakang
Kondisi Kelas
Jumlah siswa kelas 6 SDN Oi Marai
sebanyak 8 orang dengan gaya belajar yang berbeda-beda (visual, auditori,
kinestetik). Siswa SDN Oi Marai merupakan warga transmigran dari daerah kota
Bima dan Lombok.
Latar belakang penggunaan metode
Metode simulasi digunakan untuk
memfasilitasi semua gaya belajar siswa, selain itu akses untuk menuju kantor
pos cukup jauh sehingga tidak memungkinkan untuk diadakn kunjungan langsung ke
kantor pos.
Latar belakang penyampaian materi
Materi ini disampaikan sesuai dengan SKKD pelajaran
bahasa Indonesia kelas 6 semester I, materi wesel pos dirasa penting dan bisa
dijadikan cara yang efektif untuk mengirimkan uang oleh warga SP3 kepada
saudaranya di Kota Bima dan di daerah Lombok karena akses ke bank terdekat
sangat jauh, dan masih sangat sedikit warga SP3 yang memiliki rekening di Bank.
Penjelasan Materi
Wesel pos merupakan layanan yang disediakan oleeh kantor pos
untuk mengirimkan uang.
Bagian-bagian dari formulir wesel pos yaitu :
1.
Nama Pengirim
2.
Alamat Pengirim
3.
Nama Penerima
4.
Alamat Penerima
5.
Jumlah uang yang dikirim
6.
Tanda tangan pengirim
7.
Tanda tangan petugas kantor pos
8.
Tanda tangan penerima
9.
Tanda tangan petugas pengiriman wesel
10.
Berita pengiriman
Materi Pembelajaran
Mengisi dan mengirimkan wesel pos.
Alat dan Bahan
1.
Formulir wesel pos
2.
Uang-uangan
3.
Kertas
4.
Amplop
5.
Alat tulis
6.
Gunting
Metode
Metode yang digunakan saat proses pembelajaran yaitu :
informasi, diskusi, dan demonstrasi
Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan
motivasi
Menyampaikan
kompetensi dan indikator yang diharapkan
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
a. Guru
memberikan sebuah kasus mengenai warga SP3 yang ingin mengirimkan uang untuk biaya
kuliah anaknya di Mataram, kemudian siswa diminta memikirkan cara efektif untuk mengirimkan uang.
Siswa diminta menyebutkan alternatif-alternatif cara yang digunakan, dan guru
mencatatnya di papan tulis. Siswa diminta menganalisis kekurangan dan kelebihan
setiap cara.
b. Guru
memperkenalkan cara-cara pengiriman uang seperti menggunakan rekening di Bank,
mentransfer uang menggunakan ATM, menggunakan wesel pos, mengirim uang
menggunakan kurir. Siswa diminta memikirkan cara yang paling efektif digunakan
oleh warga SP3 yang belum mempunyai no rekening Bank.
3. &
Elaborasi
a.
Guru mengeluarkan fomulir wesel pos, siswa
diminta mengamati bagian-bagian formulir dan mendiskusikannya. Siswa berdiskusi
dalam kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4 orang.
b.
Setiap kelompok diminta mempresentasikan bagian-bagian
wesel pos, siswa dari kelompok lain boleh mengomentari dan mengajukan
pertanyaan untuk kelompok yang sedang tampil. Apabila setiap kelompok sudah
selesai presentasi, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bagian-bagian dari
formulir wesel pos.
c.
Guru mengajak siswa untuk bermain peran dan membagi siswa setiap kelompok menjadi :
·
Petugas di
kantor pos
·
Pengirim
wesel pos (Ama / bapak)
·
Kurir pos
·
Penerima
wesel pos (Ana/ anak yang sedang kuliah di Jawa)
Setiap kelompok diberikan :
-
Kertas untuk
menulis surat, membuat prangko-prangkoan, formulir wesel pos
-
Uang mainan
Cerita yang
dimainkan:
Ana menulis surat kepada Amanya yang berisi
permohonan mengirimkan uang untuk membayar uang kuliah di Mataram. Ana mengirimkan
suratnya melalui kantor pos. Kurir pos menyampaikan surat tersebut kepada
Amanya. Ama membaca surat tersebut kemudian mengirimkan sejumlah uang dengan
menggunakan wesel pos. Petugas pos melayani proses pengiriman uang, kemudian
kurir pos menyampaikan uang tersebut kepada Ana. Ana yang sudah mendapatkan
uang menulis surat lagi kepada Amanya untuk memberi kabar bahwa uangnya sudah
sampai.
& Konfirmasi
Setelah
simulasi selesai, guru meminta siswa untuk mengomentari simulasi yang dimainkan
dan perasaan mereka. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila masih ada
hal yang belum jelas mengenai cara pengisian dan pengiriman wesel pos, kemudian
guru memfasilitasi siswa untuk membuat kesimpulan mengenai fungsi,
bagian-bagian, cara pengisian dan pengiriman wesel pos.
Lesson Learned
Pendidikan karakter yang disisipkan
Ketelitian, tanggung jawab,
percaya diri.
Komentar