Nice Homework #1 -Nani Nurhasanah-

Begitu banyak hal yang ingin saya pelajari, rasa penasaran terhadap hal baru membuat saya sering berganti jurusan ilmu.

Merasa kurang sesuai dengan Bahasa Jepang, lalu beralih ke pendidikan. Saat kesempatan begitu banyak di dunia pendidikan, saya merasa bosan dan akhirnya memilih bidang lain.

Sekarang, saat usia tak lagi muda dan tanggung jawab sebagai istri dan ibu mengikat saya, maka saya pun harus segera memutuskan akan seperti apa saya selanjutnya. 

Ilmu apa yang akan saya perdalam di sisa usia saya?

Parenting

Tanggung jawab seorang  istri dan ibu tidaklah mudah. Bisnis boleh gagal, ujian sekolah bisa remedial tapi tumbuh kembang anak tak bisa diulang.
Saya ingin memperdalam ilmu parenting sehingga bisa membekali saya menjadi orang tua yang amanah.

Strateginya..

1. Mengikuti Grup Parenting
- Institut Ibu Profesional dan Matrikulasinya
- Keluarga Muda Pengajar Muda
- PM 4 Motherhood
Karena untuk ikut acara offline agak susah, jadi saya mengoptimalkan diskusi online

2. Membaca Buku dan Artikel tentang Parenting
- Sebulan 1 buku (jika belum selesai tidak boleh beli buku baru)
- satu hari 1 artikel

3. Belajar masak
Suami saya pintar memasak, saya harus bisa memasak seenak bahkan lebih dari masakannya.
Strateginya :
- Googling resep
 - Berkreasi resep baru setiap weekend.

4. Menjadikan rumah tempat yang nyaman
Strateginya :
- Never put of till tomorrow what you can do today (ada di buku Sinar Dunia..hehe). Tidak menunda pekerjaan!
- Mendekorasi ulang minimal dua bulan sekali

5. Mengelola keuangan dengan baik
- sudah membeli bukunya Teh Patra, tinggal aplikasi aja dan konsisten.

6. Manajemen waktu
Sehingga punya quality time buat anak, suami dan diri saya sendiri.
Strateginya..
-  Menulis semua aktivitas yang saya lakukan secara detail
- mengurutkan aktivitas-aktivitas tersebut berdasarkan prioritas
- memberi estimasi waktu setiap aktivitas sehingga saya bisa menentukan waktu produktif
- Menggabungkan pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersamaan, atau menghilangkan aktivitas yang tidak penting
- Buat jadwal kegiatan harian
- Bangunlah sebelum subuh untuk mengerjakan pekerjaan teknis seperti mencuci piring sambil menyiangi sayuran, memasak sambil mencuci baju dalam mesin cuci.
- Melatih Adskhan untuk mandiri

7. Memenuhi Kebutuhan Adskhan dan Suami
- makanan
- kasih sayang
- hiburan
- dll


Jurusan lain yang ingin saya perdalam selain parenting adalah kepenulisan.
Saya senang membaca, dulu suka menulis tetapi sekarang jarang sekali menulis.
Padahal dengan menulis saya bisa mengikat ilmu, mengabadikan kenangan, dan mewujudkan mimpi.
Jika saya punya ide/ mimpi saya menuliskannya, lalu di-breakdown menjadi langkah-langkah sederhana yang bisa saya lakukan. Menuliskan mimpi adalah setengah perjalanan saya dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Strategi yang saya lakukan..

1. Mengikuti Kelas Menulis Online
Done! Follow upnya adalah membuat #sarapankata selama 30 hari di posting di Facebook.

2. Merampungkan Buku Pengajar Muda IV Motherhood
Saya menulis 4 artikel.

3. Menulis satu artikel paling jarang dua hari sekali di blog

4. Menghindari copas, jika ada tulisan yang menarik remake dengan berdasarkan pengalaman saya sendiri.

5. Mengikuti Lomba Kepenulisan
Minimal 4 kali setahun




Perubahan sikap saya dalam adab mencari ilmu-ilmu tersebut?

1.  Iniating Action 
Merespon dengan cepat, memberi lebih dari yang diminta, bertindak mandiri.

2. Resilience
Tetap fokus dan berpikiran positif.

3. Time Management
Mengoptimalkan waktu dengan baik.

4. Bersyukur dan bersabar
Setiap hal baru yang saya dapatkan dan temui harus saya syukuri.

5. Menuliskan setiap ilmu yang saya dapatkan


Bismillah.. Semoga saya bisa mewujudkan semua yang telah saya tulis.

Aamiin

Tangerang, 20 Oktober 2016

Nani Nurhasanah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi