12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Senangnya ikut kelas belajar boga Ibu Profesional Tangerang Selatan. Saya  mendapat ilmu baru tentang masak melalui kulwap dari Cikgu Irma, dan referensi menu andalan keluarga dari member yang dibagi setiap hari Selasa. Sehingga semakin semangat memasak buat Ayah dan Adskha..hehe

Seperti di Kulwhap Kedua tentang teknis memasak. Silakan disimak :)


12  Teknik Memasak yang perlu kita ketahui yaitu :

1. Blanching
Blanching adalah proses memasak yang disebut juga Precooking process karena biasanya akan selalu diikuti dengan process cooking yang lainnya . Temperatur yang di gunakan  100 derajat celcius / titik didih air.
Blanching menggunakan : Air, Minyak. Contoh blaching Misalnya blanching untuk Tulang atau daging.

2. Boiling
Boiling atau merebus adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan hingga titik didih 100*C.  Cairan yang digunakan dapat berupa air, kaldu dll.

3. Steaming
Steaming (mengukus) adalah proses memasak dengan Uap  dengan maksud bahan yang dimasak tidak terendam air langsung, keuntungannya disini bahan yang dimasak tidak banyak menyerap air  dan vitamin serta nutrisinya tidak banyak terbuang karena terendam air, sehingga rasa tidak banyak berubah. Temperatur yang digunakan adalah 100 derajat celcius / titik didih air.

4. Poaching
Poaching adalah teknik memasak makanan dalam bahan cair dengan api kecil (92*C – 96*C) yang jumlahnya tidak terlalu banyak atau hanya sebatas menutupi bahan makanan yang direbus.
contoh: poaching telur ( telur setengah matang)

5. Deep Fat Frying
Deep fat frying adalah proses memasak dengan minyak yang banyak sehingga bahan yang dimasak akan tenggelam kedalam minyak yang membuat  bahan yang dimasak akan renyah atau crispy. Temperatur  yang digunakan biasannya antara 190-220 derajat celcius.
Deep Fat Frying bisa dibagi menjadi beberapa cara:
- Swimming method
Bahan yang akan dimasak dimasukan langsung kedalam minyak ( wok ). Misal goreng tempe tahu
- Basket method
 Bahan yang dimasak dimasukan kedalam minyak menggunakan Basket. Misal goreng french fries, fried chicken di restaurant cepat saji

6.  Stewing
Stewing atau menyetup adalah teknik memasak secara perlahan dengan bahan makanan yang telah dipotong-potong kecil dengan menggunakan cairan yang tidak terlalu banyak. Cara ini dimaksudkan agar aroma daging keluar dengan sempurna. Dimasak dengan api kecil dan waktu yang cukup lama. Dan cairan kaldu yg digunakan biasanya berasal dari bahan makanan itu sendiri
contoh: gulai kambing, rendang, semur daging

7. Braising
Braising hampir sama dengan stewing, namun biasanya bahan makanan terlebih dahulu dimarinate/direndam dalam bumbu sebelum dimasak. contoh: memasak iga sapi, ayam goreng kecap.

8. Glazzing
Glazzing adalah proses memasak yang biasannya di gunakan untuk sayuran agar bahan yang dimasak menjadi mengkilap biasannya menggunakan sedikit air, mentega, gula, atau madu.

9. Sauteing/Panfrying/Stirfrying
Sauteing (menumis) adalah proses memasak yang menggunakan sedikit minyak atau mentega yang menggunakan bahan bahan yang  sudah dipotong potong kecil dan juga bisa di tambahkan sedikit air.

10. Roasting
Roasting adalah proses memasak dengan panas kering menggunakan oven dengan suhu antara 180 derajat celcius-230 derajat celcius, menggunakan lemak atau minyak, tergantung dari bahan yang akan dimasak. Bahan makanan yang biasa di roasting adalah daging, unggas dan beberapa jenis sayuran. Prinsip dari roasting ini adalah membuat makanan menjadi kering dan matang.

11. Baking
Baking adalah proses memasak dengan panas kering seperti oven tanpa menggunakan minyak atau air.  Teknik ini biasanya digunakan untuk produk roti.

12. Grilling/ Broilling
Grilling/ broilling adalah proses memasak bahan makanan dengan menggunakan panas api langsung. Sumber panas/api biasanya berada di bawah bahan makanan yang sedang dimasak/panggang. diharapkan bahan yang dimasak terdapat mark atau warna. Misalnya steak.  Untuk steak daging tingkat kematangan bisa blue, medium, dan welldone.

Sumber : Kulwhap Kelas Belajar Boga IP Tangsel, narsum Irma.


Seusai kulwhap, selalu ada challengenya. Walaupun mepet-mepet, akhirnya saya ikut juga tantangannya. 

Mencoba teknik blancing dan boiling untuk membuat sop tulang sapi dan deep fat frying wok membuat bakwan alias bala-bala..hehe
Share resepnya menyusul ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa