5 Manfaat Daun Kelor

Dulu saya begitu asing dengan daun kelor. Hanya mengenalnya dari peribahasa 'dunia tak selebar daun kelor'.
Hingga beberapa tahun lalu saya diberi kesempatan tinggal di daerah yang menjadikan daun kelor sebagai sayuran pokoknya.
Ternyata, selain rasanya yang enak daun kelor juga memiliki banyak manfaat,  berikut diantaranya :

1. Mempekuat sistem kekebalan tubuh
Ternyata, daun kelor bisa dibuat menjadi teh.  Teh kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan yang dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh.

2. Kecantikan
Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, zinc, magnesium. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

3. Booster ASI
Daun kelor mengandung protein, zat besi, dan Vitamin C. Bahkan memiliki tujuh kali lipat kandungan vitamin C dibandingkan  jeruk. Selain itu ada ada juga unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Kandungan protein membuat ASI berkualitas.
Kandungan zat besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam, disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan, dan wanita menstruasi umumnya kehilangan banyak zat besi.

4. Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A dalam daun kelor lebih banyak 4 kali lipat dibandig wortel. Sehingga daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan mata.

5. Mengobati Rematik
Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Karena dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat.

Itulah beberapa manfaat dari daun kelor. Walaupun banyak manfaatnya, namun daun kelor sebaiknya dihindari oleh ibu hamil terutama di trisemester pertama. Kelor mengandung alpha-sitosterol, dengan struktur mirip estrogen menyebabkan pencegahan kehamilan. Ekstrak daun kelor dapat menyebabkan otot uterus melunak dan menyebabkan keguguran.

Sumber bacaan

https://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/08/manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan.html?m=1

https://youtu.be/_uO8F5v4pDk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi