Bolehkah Mandi Bersama Anak?


Bun, siapa nih yang demi kepraktisan dan efektivitas waktu sering ngajak anaknya mandi bareng?
Cung! (Tutup muka)

Kadang juga ada yg beralasan supaya mudah menerangkan bagian tubuh untuk sebagai pembelajaran pendidikan seksual.

Nah, ternyata berdasarkan Dra. Dewi Mariana Thaib yang dikutip di Nova Grid 
Bahwa sebaiknya mandi bersama anak dilakukan sampai anak usia dua tahun.

Alasannya?

Pertama,
Di usia tiga tahun, anak sudah cenderung menguasai banyak kosa kata, dia bisa saja menceritakan apa yang dilihatnya kepada orang lain seperti teman-temannya, apalagi anak usia segitu sudah mulai memiliki kebanggaan apabila memiliki informasi lebih dibandingkan teman-temannya.

Kedua,
Anak usia batita akan mengalami kebingungan  perbedaan anatomi laki-laki dan perempuan, hingga keinginan yang bersifat seksual pun mulai muncul. Di sisi lain, rasa ingin tahunya yang besar mendorong ia bereksperimen dengan dunia sekitarnya, termasuk bagian-bagian tubuhnya sendiri yang salah satunya alat kelamin.
Jangan salah, lho, kendati ia belum bisa mengasosiasikan pikirannya terlalu jauh, tapi ia akan cenderung mengulang dan mengulang lagi bila pengalaman tersebut memberi kenikmatan buatnya.

Ketiga, 
Anak yang selalu mandi bersama kita, akan menghambat proses kemandiriannya. Selain, dikhawatirkan anak jadi mogok mandi bila kita tak ada. Namun yang paling membahayakan, bila anak akhirnya mandi bersama orang dewasa lain semisal pengasuh. 
Bahaya lain, bukan tak mungkin si kecil dijadikan sasaran pelecehan seksual oleh si pengasuh atau orang dewasa lain. "Kalau cuma sebatas dipegang untuk dibersihkan badannya, sih, enggak apa-apa. Anak juga takkan merasa apa-apa; ia hanya merasa dimandikan biasa." Namun bila ia benar-benar dijadikan sasaran pelecehan seksual, bukan tak mungkin ia akan menikmatinya. 

Jadi Bun, sebaiknya semenjak anak menginjak usia tiga tahun, sebaiknya tidak mandi bersama anak.

Jika memang anak belum terbiasa mandi sendiri, masih boleh dimandikan oleh orang tuanya (dengan tetap berpakaian) dan membuat kesepakatan bagian-bagian mana yang sebaiknya dibersihkan sendiri sampai anak bisa membersihkannya.

Tentu saja  sambil dipersiapkan kemandirian anak tersebut agar bisa mandi sendiri.

Tips anak bisa mandi sendiri, pada postingan selanjutnya ya.
Besok mau baca dulu buku Halo Balita 'Aku Bisa Mandi Sendiri' sebagai salah satu referensi.
Sumber foto google



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

Andragogi dan Fasilitasi

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu