Lakukan 3-AH untuk Mengurangi Kontribusi Sampah dari Rumah Kita



Tak dipungkiri setiap hari rumah kita menghasilkan sampah. Sesederhana dalam proses menyajikan masakan, kita sudah menghasilkan beberapa sampah.
Seperti pagi ini saya memasak sayur sop, bakwan jagung dan balado telur. Setelah proses memasak selesai, tertinggal sampah kulit wortel, kulit kentang, kulit bawang,  kulit dan bongkol jagung, plastik tepung terigu, kulit telur, minyak bekas menggoreng, dll.
 Belum lagi  jika sayuran-sayuran tersebut dikemas oleh Abang Sayur menggunakan kantong plastik.  Atau jika makanan tersebut ternyata tidak habis, maka akan menambah kontribusi sampah di sekitar kita.

Sampah-sampah tersebut membuat kita tidak nyaman sehingga berusaha membuangnya agar tidak terlihat lagi.
Tetapi sangat disadari bahwa sampah yang dibuang tak benar-benar hilang. Sampah yang dihasilkan hanya berpindah tempat, dari rumah kita ke tempat sampah lainnya hingga sampai di tempat pembuangan akhir.

Berikut ini fakta sampah di Indonesia 

1. Penduduk Indonesia saat ini sebanyak 237 juta. Diperkirakan jumlah penduduk ini akan bertambah menjadi 270 juta pada tahun 2025.
Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, diperkirakan akan dihasilkan sampah sebanyak 130.000 ton/hari.
Sampah-sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menghasilkan bencana bagi lingkungan, manusia bahkan hewan. Semua makhluk hidup akan terancam kehidupannya oleh sampah!

2. Survey  KLHK pada bulan April 2015 di 8 taman nasional dan gunung mendapat temuan 435 ton sampah milik 150.688 pengunjung.

3. Tahun 2015, penelitian dari Universitas Georgia mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara kedua terbesar di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut. Bagaimana tidak? Menurut Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, sampah plastik dari 100 toko/gerai anggota APRINDO selama 1 tahun menghasilkan 10,95 juta lembar sampah kantong plastik. Ini berarti sama dengan sekitar 65,7 Ha kantong plastik atau sekitar 60 kali luas lapangan sepakbola!

4. Makanan merupakan penyumbang sampah terbanyak di Jakarta.
Menurut Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, sampah DKI Jakarta menuju Bantargebang, Bekasi mencapai 7500 ton/hari dengan 750 truk pengangkut sampah oleh petugas kebersihan. Hal ini menyebabkan per tahun mencapai 2,7 juta ton sampah dengan paling banyak yaitu sampah makanan mencapai 54%.
Gas metana yang dihasilkan sampah organik di TPA 25 kali jauh lebih kuat. Angka ini mengalahkan polusi karbon dari knalpot kendaraan kita.

5. Bencana ledakan terbesar TPA Indonesia peringkat kedua di dunia. 
Ledakan paling besar pertama yaitu di TPA Payatas, Quezon City, Filipina pada 10 Juli 2000 dan menewaskan 200-an jiwa dan ratusan orang masih hilang.
Ledakan paling besar kedua yaitu TPA Leuwigajah, Bandung, Indonesia pada 21 Februari 2005 menewaskan 143 jiwa dan 137 rumah tertimbun atau setara dengan dua desa hilang.

Betapa ngerinya dampak dari sampah yang dihasilkan sehari-hari.

Salah satu upaya untuk mencegah bencana yang diakibatkan oleh sampah, bisa dengan melakukan 3-AH di rumah kita. Berikut penjelasannya :


1. CEGAH ALIAS TOLAK
Cegah barang yang berpotensi menjadi sampah masuk rumah.
 TOLAK kresek, sedotan, botol plastik sekali pakai. GANTI dengan tas belanja, tumblr, wadah/food container yang dapat digunakan berkali-kali.

2. OLAH
Olah bahan-bahan sisa baik organik dan anorganik. Mari kita berusaha tidak menyebutnya sebagai sampah karena sampah berkonotasi bahan tersebut sudah tidak bisa dimanfaatkan dan tak berguna. 
Sangat penting agar setiap rumah mempunyai komppster untuk sampah organik.

3. PILAH
Siapkan tempat tersendiri untuk tiap kategori (lihat gambar) kemudian PILAH.
Kalau sudah dipilah-pilah, kita bisa mendaftar menjadi anggota bank sampah atau donasikan (banyak sekali rumah baca atau komunitas yang menerima bahan sisa anorganik).


Semoga dengan menerapkan 3-AH, perlahan-lahan kita bisa mengurangi kontribusi sampah yang dihasilkan dari rumah kita dan mencegah terjadinya bencana yang diakibatkan oleh sampah.


Sumber :
Materi #belajarzerowaste oleh DK Wardhani
https://www.instagram.com/p/BkxLkvzAqKW/

https://www.hipwee.com/list/5-fakta-tentang-indonesia-darurat-sampah-yuk-dukung-indonesia-bebas-sampah-2020/

Printable penamaan sampah bisa didownload di 
https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1HQgggcq0TGs1m8dtKzqJMKSQyv3ewNDt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi