Jurnal Adskhan : Memelihara Hamster


Adskhan punya tiga hewan peliharaan, 2 hamster dan 1 kura-kura.

Si Em dan Kiko (duo hamster) sudah sebulan menjadi anggota #keluargabudiman sedangkan Green kura-kura baru tadi pagi.

Adskhan tertarik punya hamster karena kakak tetangga punya hamster juga. Setiap Kakak Gita dan Kakak Farid merawat hasmternya (memberi makan dan mengajak main), Adskhan selalu antusias dan ingin ikut terlibat.

Setelah dilakukan beberapa kali diskusi dan meyakinkan Adskhan bahwa dia harus bertanggungg jawab dengan hamsternya, maka ayah mengajak Adskhan membeli hamster plus kelengkapannya yaitu kandang kecil, roda bermain, tempat minum, tempat makan, serbuk kayu, dan kuaci. Totalnya habis Rp 135.000

Kami mengajak Adskhan melihat video cara memelihara hamster, dan ternyata hamster harus memiliki luas tempat tinggal minimal 50x50cm akhirnya kami menjadikan kardus besar sebagai rumahnya, kalau beli kandang yang besar lumayan mihil..hehe

Syukurlah merawat hamster tidak terlalu rumit. Memberinya makan kuaci 2 hari sekali.  Si Em dan Kiko bukan tipe pemakan banyak, jadi bisa awet. Kadang kami memberi kacang, atau buah-buahan lalu mengamati apakah si Em dan Kiko suka atau tidak. Oh iya, kalau dihitung-hitung biaya makanannya perbulan gak sampai Rp 20.000 lho! Murah ternyata ya..

Membersihkan kandangnya (mengganti serbuk kayu, alas kardus dan mencuci tempat minumnya) hanya sepekan sekali. Sekalian menjemur dou hamster biar dapat vitamin D...hihi

Adskhan memperlihatkan tanggung jawabnya dengan ikut terlibat dalam merawat hamsternya, walaupun sekarang sudah tidak seantusias saat pertama kali punya.

Kami menekankan, bahwa hamster mahluk hidup ciptaan Allah jika kita mau memeliharanya kita harus bertanggung jawab untuk merawatnya.

Allah akan menyayangi orang yang merawat mahluk ciptaan-Nya.

Satu hal lagi yang ditekankan kepada Adskhan, dia harus mencuci tangan dengan sabun setelah bermain atau memberi makan hamsternya.


Berdasarkan pengalaman kami tersebut, kami menyimpulkan beberapa tips saat anak ingin memelihara hewan peliharaan :

  1. Pahamkan anak tentang tanggung jawab memelihara hewan, tentunya dengan bahasa yang sederhana. Misalnya "Jika sudah punya hamster, Adskhan harus ngasih makan 2 hari sekali dan mengajaknya main, Adskhan siap?". 
  2. Ajak anak memahami bahwa hewan peliharaan adalah mahluk hidup. Sehingga butuh perawatan dan harus diberi makan, bukan mainan yang cuma dipajang di rak. Cara yang kami lakukan agar Adskhan memahami bahwa hewan peliharaannya adalah mahluk hidup bukan maianan adalah dengan meminta Adskhan memberikan nama kepada hewan-hewan peliharaannya, dan mengamati karakter hewan tersebut. Misalnya si Em senangnya makan, Kiko yanglebih sering main di roda dan mengasah giginya.
  3. Ajak anak mencari tahu cara merawat hewan tersebut. Makanannya apa, tempat tinggalnya harus bagaimana, cara merawatnya, dan lain-lain
  4. Libatkan anak pada saat ayah dan bundanya merawat hewan tersebut. Kadang Ayah dan Bunda ingin ikut merawat juga (jadi punya bayi baru..hehe), nah jangan lupa untuk melibatkan anak agar anak tetap merasa memiliki tanggung jawab. Ingat, itu hewan peliharaan anak ya!
  5. Ingatkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan  dan kesehatan diri sendiri dan hewan peliharaan. Selalu mengingatkan untuk mencuci tangan, jangan sampai ada kontak fisik yang berlebihan dengan hewan peliharaan
  6. Jelaskan keutamaan/hadits menyayangi hewan dengan bahasa yang mudah dipahami anak


Setelah berjalan sebulan, kami mengamati manfaat merawat hewan bagi Adskhan adalah
  • Mempunyai hewan peliharaan efektif mengasah empati Adskhan. Adskhan kerap kali mengamati apakah hewan peliharaannya makan, apakah makanannya masih ada atau sudah habis. Dia pun ingat untuk membeli kuaci jika sudah habis.
  • Membiasakan Adskhan untuk bertanggung jawab. Adskhan mulai memperlihatkan tanggung jawab dengan hewan peliharaannya.
  • Adskhan banyak belajar tentang dunia hewan. Dia jadi tahu bagian tubuh hewan, jenis makanannya, kotorannya, termasuk hewan jenis apa, dan lain-lain.
  • Adskhan lebih disiplin. Misalnya tentang mencuci tangan setelah merawat hamsternya.

Masya Allah tabarakallah...

Ternyata punya hewan banyak memberikan manfaat untuk perkembangan anak usia 4 tahun seperti Adskhan.

Jujur ya, saya awalnya ragu-ragu mengizinkan Adskhan memelihara hamster tetapi ternyata gak seribet dan semahal yang saya pikirkan.


Semoga tulisan ini bermanfaat ya! Buat Ayah dan Bunda yang sedang mempertimbangkan untuk membelikan hewan peliharaan bagi anaknya ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi