7 Daun untuk Adskhan, 1 Daun untuk Bunda dan Batang Adskhan pun Berbuah

Pohon Literasi Hari Pertama


Kesepakatan pohon literasi Keluarga Budiman adalah :

1. Batang
Batang ditulisi nama kami masing-masing.
Ayah paling kiri, Adskhan di tengah dan Bunda di batang paling kanan.

2. Daun
 Judul buku yang kami baca menjadi daunnya. Semakin banyak membaca, daunnya akan semakin rindang. Ada dua jenis daun. Hijau muda untuk daun Bunda, hijau tua daunnya ayah. Kalau Adskhan? Karena masih dibacakan jadi di batang Adskhan akan ada daun warna hijau muda dan hijau tua bergantung siapa yang membacakan.

3. Buah
Untuk Ayah Bunda, buah diberikan jika kami mau berbagi isi buku yang kami baca, baik dalam bentuk tulisan ataupun presentasi..hehe
Kalau Adskhan diberi buah, jika dia inisiatif membaca buku sendiri.

Dan hari ini Adskhan minta dibacakan 7 buku plus dia asyik 'baca' sendiri bukunya. 

Pagi-pagi Adskhan sudah mengambil Buku Hmmm 'Emosi ' Rabbithole dan minta dibacakan, lalu dia asyik sendiri menarik-narik tekstur yang ada dibukunya. 

Setelah puas baru beralih ke buku Nabi Sayang Keluarga Muhammad Teladanku. Anteng dipangkuan Bunda, sambil bolak balik halaman bukunya.

Baru siangnya --setelah puas main di luar-- Adskhan minta dibacakan buku lagi yaitu buku Suara Apa Itu, Cilukba Rabbithole, sound book Roar at the Zoo (sambil memencet tombol suaranya), Clear the Way, Steam a Head.

Bundanya? Kelelahan bacain Adskhan buku..hehe
 Sambil ngelonin Adskhan, Bunda sudah menyiapkan Buku Terima Kasih Ayah. Eh Adskhan malah tertarik sama bukunya dan gak jadi tidur. Akhirnya bukunya dimainin Adskhan. Bunda beralih ke buku Ensiklopedi MPASI HHBF, membaca kembali dan mencatat beberapa menu untuk dipraktikan. 
Kemarin baru saja dari Posyandu, dan hasil timbangan Adskhan membuat saya bertekad menaikan berat badannya.
Semangat !!

Ayah, ada buka puasa di sekolah. Pulangnya malam, saat Adskhan sudah tidur. Jadi hari ini gak bacain buku deh. Biasanya subuh-subuh suka bacain buku, tapi karena tadi subuh kami menyiapkan pohon literasi jadinya gak sempat bacain.
Ayah belum baca buku juga, katanya sih baca artikel-artikel Salim A. Fillah, tapi kan bukan buku jadi gak dimasukan ke pohon literasi.

Nah, karena Adskhan menunjukan inisiatif membaca buku sendiri, batang Adskhan berbuah deh. 

#haripertama
#tantangan10hari
#anaksukamembaca
#InstitutIbuProfesional
#KuliahBundaSayang
#PohonLiterasi
#KeluargaBudiman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi