For Things to Change I Must Change First

Hari Kelimabelas


Saya menyadari, untuk menjadikan Adskhan cinta buku maka saya harus menjadi teladan.

Alhamdulillah kalau sy pribadi memang hobi membaca, apalagi novel atau cerita fiksi. Masih ingat, saat kecil selalu mencari buku pelajaran bahasa Indonesia untuk dibaca cerita atau dongengnya. Ibu saya seorang guru SD, biasanya dia akan membawa buku pelajaran atau majalah dari kantor, maka sayalah yang akan membongkar tasnya dan mencari buku atau majalah untuk dibaca.

Membaca adalah me time saya. Setelah menikah, saya pun sering menenggelamkan diri dalam buku bacaan. Saya izin dulu sama suami bahwa akan membaca buku, dan sepertinya saya akan tergoda menyelesaikannya dalam sekali duduk, jika dia perlu saya tolong beri tahu. Suami memaklumi hobi saya itu, beliau pun memberi izin saya membaca sepuasnya dan sama-sama menikmati me time.

Bagaimana setelah Adskhan hadir?
Waktu untuk membaca buku semakin berkurang. Weekend yang biasanya saya habiskan untuk me time sepuasnya kadang digunakan untuk beberes rumah dan family time.
Saya membaca buku, buku yang memang sedang saya butuhkan seperti ensiklopedi MPASI, tumbuh kembang anak, parenting, dll. Sudah sangat jarang membaca novel.

Sejujurnya membaca kish fiksi adalah wisata jiwa saya, sesekali saya menyempatkan membaca sambil Adskhan membaca atau saat menyusui Adskhan.
Eh pernah beberapa buku yang sedang saya baca diambilnya lalu disobek. Saya paham, Adskhan sangat penasaran dan menyobek buku adalah hal baik untuk motorik halusnya walaupun saya sedih dengan buku yang sudah berserakan.
Oleh karena itu, mengingat Adskhan yang masih suka menyobek buku tipis, saya memilih waktu yang tepat untuk membaca buku.

Seperti hari ini, saya agendakan untuk membaca buku Sepatu Dahlan dan Keajaiban Itikaf. Bukunya makjleb banget, dan sayang sekali baru saya baca sekarang. Materinya akan mendukung peran saya sebagai fasilitator matrikulasi materi kedua.

Bukunya berkisah tentang tujuan itikaf, kenapa kita perlu itikaf, hal-hal yang sebaiknya disiapkan dan guidance lengkapnya.
Itikaf adalah sebuah jeda untuk merenungkan dan merefleksikan apa yang sudah terjadi, misi hidup kita, jurusan hidup dan apa yang ingin kita capai, dunia akhirat.
Pokoknya bukunya recomended banget!!
Saya belum selesai membacanya tinggal bagian terakhir.

Saat asyik membaca Adskhan tetiba bangun dan segera mengambil buku Sepatu Dahlan. Dia tertarik membolak-balik bukunya. Setelah puas, dia mengambil bukunya dan minta dibacakan..


Tentang Menularkan Semangat Membaca..


Alhamdulillah sepupu-sepupu Adskhan sudah akrab juga dengan buku. Arfa, Azkiya, Aprilia, Alifa.. Jika sedang bermain, mereka akan mencari buku, memainkannya dan minta dibacakan..
Pembiasaan seminggu ini membuahkan hasil. Menjadi teladan adalah cara menularkan semangat membaca yang paling efektif..



 #harikelimabelas
#tantangan10hari
#anaksukamembaca
#InstitutIbuProfesional
#KuliahBundaSayang
#PohonLiterasi
#KeluargaBudiman
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst
#AbdillahAdskhan
#1y3m27d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi