Mengajak Adskhan BAB di Kamar Mandi - Melatih Kemandirian Anak #1

Nama anak : Abdillah Adskhan Budiman
Umur : 1 tahun kurang 2 hari
Kemandirian yang ingin dilatih : Toilet training
Target seminggu ini : BAB di kamar mandi

Adskhan belum bisa berjalan dan berbicara, sehingga untuk mencapai targetan kami melakukan observasi terlebih dahulu selama 2 hari, dan hasilnya :
- Adskhan BAB dalam rentang waktu pukul 05.30 dan atau pukul 09.00
- Adskhan intensif BAK setelah siang hari, pukul 11.30 sebanyak 5-6 x sampai sore hari.

Hari pertama (Kamis, 23 Februari 2017)

Pagi ini pukul 06.00 Adskhan terlihat seperti ingin BAB, ekspresi mukanya mulai berubah. Ayah yang saat itu sedang mengajak Adskhan bermain  di kamar (sementara saya beres-beres) mengajak Adskhan ke kamar mandi. Adskhan diajak ke kamar mandi dengan cara berjalan, posisi kamar mandi tepat sebelah kamar.
Sesampainya di kamar mandi, Adskhan malah tertarik memainkan gayung barang lainnya. Setelah ditunggu selama 5 menit dan sepertinya tidak ada tanda-tanda mau BAB, akhirnya Adskhan diajak kembali ke kamar.

Pukul 09.00 Adskhan mulai ngeden lagi, saya dan Adskhan sedang di teras rumah. Saya mengajak Adskhan ke kamar mandi dengan mengajaknya berjalan. Kejadian pagi terulang kembali. Adskhan tertarik dengan barang-barang yang ada di kamar mandi tidak jadi BAB.

Pukul 12.30, Adskhan sedang asyik bermain dan saya sedang makan siang. Ekspresinya berubah dan langsung ngeden. Saya tunggu agak lama sampai dia benar-benar mengejan, baru saya ajak ke kamar mandi dan menjongkokannya di kloset. Dia masih tertarik dengan gayung, tetapi sudah pup di celananya sebelum saya berhasil membuka celananya. 
Ternyata Adskhan tidak nyaman jongkok di kloset. Mungkin karena posisinya yang lebar. 
Akhirnya saya turunkan, dan dia BAB di lantai kamar mandi.

Lesson learnt dan perbaikan :
- merapikan barang-barang di kamar mandi yang dapat mengalihkan perhatian Adskhan
- harus bisa mensiasati supaya Adskhan nyaman jongkok di kloset

Hal yang sudah baik :
- Adskhan mulai dibiasakan BAB di kamar mandi dan diajak berjalan ke kamar mandi tanpa pupnya berceceran di lantai.

Hal yang masih membingungkan :
- Apakah sebaiknya Adskhan dituntun ke kamar mandi atau diangkat?

Ciater, 23 Februari 2017
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#BundaSayang
#IbuProfesional
#IIP
#ToiletTraining
#AbdillahAdskhan
#1y-2d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi