No 1

Saya share materi 12 Gaya Populer kepada WA suami, dan minta beliau mengevaluasi bagaimana gaya komunikasi saya.
"Ini kan buat ke anak-anak" responnya.
"Baca dulu aja Yah, gak apa-apa walau ke anak-anak juga..hehe"
"No 1" jawabnya

Saya yang lagi asyik nonton sambil makan refleks langsung nanya.
"Itu apa Yah" 
"Lihat aja sendiri" jawabnya.
Entah kenapa suami saya jadi rada cuek.
Sebelum tidur saya baca lagi 12 Gaya Populer, ternyata yg no 1 "Suka memerintah" ups!

Besok paginya, suami mengeluhkan dadanya sakit. Saya membuatkan susu hangat, biasanya akan bilang "Ayah susunya minum!" saya coba mengganti kalimatnya "Ayah susunya udah siap"
Berjanji pada diri sendiri mengurangi kalimat perintah menjadi kalimat berita.

Masak sudah, nyapu udah. Si Ayah mau berangkat kerja. Karena saya lg nenenin Adskhan dan hp saya mati total, pas ayah mau pamitan saya bilang "Yah, minta tolong chargerin hp Bunda" Ups keceplosan lagi. Itu kan kalimat perintah.

Sebenarnya suami saya gak terlalu bermasalah dg saya minta tolong ke dia ini itu, tetapi sepertinya tingkat kemandirian saya semakin menurun dan kerempongan meningkat sehingga hal-hal kecilpun kadang minta bantuannya.

#sembilan
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#IIPBunsay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi