"Toilet Training Adskhan= Memerdekakan Ayah Bundanya dari Kemewahan Diapers - Melatih Kemandirian Anak #6

Hari keenam..

Mengapresiasi diri sendiri dan Adskhan atas pencapaian hari ini. 
Hari ini berhasil mengajak Adskhan BAB di kamar mandi, walau sudah setengah jalan. Adskhan tahu betul kapan Bundanya makan, beberapa hari ini dia ngeden saat Bundanya menyuap nasi 🙇
Alhamdulillah dia sudah terbiasa jika dia BAB, Bunda akan menuntunnya ke kamar mandi.
Ada momen yang membuat saya nyes. Adskhan dua kali merangkak menuju kamar mandi dan berdiri di depan pintu, tapi saya mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain.
Eh, ternyata setelah itu dia langsung pipis.
Mungkin sebenarnya Adskhan ngasih tau mau pipis, tapi Bundanya gak ngeh.

Oia, ternyata selama ini saya keliru, saya selalu melepaskan baju sebelah kanan dulu padahal seharusnya sebelah kiri. Kemarin saya mengenalkan Adskhan dengan adab-adab di kamar mandi termasuk soal melepas baju. Hari ini saya minta maaf dan mengakui kalau Bundanya keliru. Saya sampaikan adab melepas baju yang sebenarnya.

Hal baru yang kami lakukan hari ini adalah mulai memperkenalkan clodi kepada Adskhan.

Biasanya malam hari Adskhan memakai pospak, bismillah hari ini mulai saya pakaikan clodi. Semoga Adskhan nyaman dan tidak ada iritasi.

Lesson learned :
Melatih kemandirian anak = melatih kemandirian saya. Enam hari ini saya mulai mengurangi kemanjaan saya terhadap pospak. Biasanya sehari habis 3-4 pcs/hari, alhamdulillah dalam 6 hari ini hanya 6 pcs (digunakan saat tidur saja). Tentu saja lebih hemat di kantong dan go green.
Saya juga lebih aware dengan Adskhan. Biasanya gak ngecek dia pipis apa gak, santai saja. Sekarang, setiap satu jam sekali saya cek celananya. Bonding saya dan Adskhan semakin kuat.

Konsekuensinya.. Dalam 6 hari ini saya merasa lebih cepat lelah. Magrib sudah lemas banget. Sambil ngelonin Adskhan bobo biasanya saya langsung tertidur, dibangunkan suami baru menjelang Isya. Terjadi berulang dalam beberapa hari.
Ternyata.  Selain menguatkan hati, harus juga menguatkan fisik. Alhamdulillah suami sangat paham. Dia memberikan saya waktu istirahat dan menghandle beberapa urusan domestik.

Dan dengan adanya targetan kemandirian Toilet Training Adskhan, saya dan suami semakin sering ngomong serius tentang perkembangan Adskhan. Kami banyak diskusi dan sharing referensi bacaan.

Terima kasih Nak, sudah membuat Ayah Bunda belajar banyak hal 😘

"Toilet Training Adskhan= Memerdekakan Ayah Bundanya dari Kemewahan Diapers"



Ciater, 28 Februari 2017

#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#BundaSayang
#IbuProfesional
#IIP
#ToiletTraining
#AbdillahAdskhan
#1y2d







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi