ORIGINALITAS


#SerbaSerbiOnlineShop

Teman : Mbaa,
 Tulisan saya diangkut tanpa ijin. 
Hikss
Sama plek
Ga dimodif ๐Ÿ˜“
Sama temen segrup
Sediihh ๐Ÿ˜ข
 Baru belajar nulis padahal ๐Ÿ˜…

Saya : Yg mana Mbak??
Siapa siapa?

Teman : Status saya semalem
Sama mba XXX ๐Ÿ˜…
Plek semua
Hikss

Saya : Saya isengin yaa...

***

Ini bukan kejadian pertama, sering kali tulisan promo dicopas teman tanpa izin. Baik teman setim atau beda tim. Di dalam etika berjualan tentu saja tidak diperbolehkan.

Saya pernah mengalaminya, bukan cuma tulisan tetapi gambar yang saya buat Watermarknya ditimpa dengan namanya sendiri.

Siapa yang gak sewot kalau gitu!!

Akhirnnya saya inbox orangnya, berusaha menyampaikan kalau saya keberatan dan minta dia membuat markom sendiri.
Si pengopaspun minta maaf dan langsung menghapus postingannya.

Supaya kapok, saya posting kejadian tersebut di FB, berharap para tukang copas baca tulisan tersebut.

Originalitas..

Bagi saya, origalitas adalah style sendiri. Saya lebih puas menggunakan kata-kata sendiri dibanding postingan yang disiapkan tim. 
Walaupun kadang-kadang saya pakai postingan tim jg, tetapi saya lebih sering menuliskan ide sendiri.

Sedihnya, copas mengcopas dalam tim seolah menjadi hal wajar. Iya sih kan satu tim, jd saling support tapi kebiasaan ini menjadikan membernya seolah tak punya branding sendiri dan yang paling menyedihkan kadang melupakan etika jualan online.

Sejujurnya, saya sangat kagum sama tim sebelah yang mengedepankan originalitas. Tiap Book Advisor dibimbing untuk bisa menulis sehingga memiliki branding tersendiri.

Yaa.. Karena rezeki itu pasti, kemuliaanlah yang harus dicari.
Rezeki itu sudah Allah atur, menjemputnya dengan cara yang mulia. Salah satunya dengan tidak jualan menggunakan materi promo orang lain tanpa izin.

#notetomyself
#OneDayOnePost

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

Andragogi dan Fasilitasi

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu