Saat yang Ditunggu Datang Secara Tiba-tiba - Melatih Kemandirian #2

Nama anak : Abdillah Adskhan Budiman
Umur : 1 tahun kurang 2 hari
Kemandirian yang ingin dilatih : Toilet training
Target seminggu ini : BAB di kamar mandi
Capaian di hari pertama :
- Adskhan mulai dibiasakan BAB di kamar mandi dan diajak berjalan ke kamar mandi tanpa pupnya berceceran di lantai.

Hari kedua, Jumat 24 Februari 2017

Alhamdulillah, saat bangun dari tidur paginya (09.00) Adskhan mau diajak pipis ke kamar mandi dan berhasil pipis di sana. 
Saya dan suami sudah merapikan kamar mandi dan meminimalisir benda-benda yang bisa menarik perhatian Adskhan.
Namun, yang ditunggu-tunggu tak juga tiba. Adskhan belum juga menunjukan tanda-tanda BAB.
Sampai tiba waktunya salat Ashar. Saya wudhu hendak salat. Sementara saya salat, Adskhan menangis karena ingin menyusu. Namun tetiba terdiam. Setelah saya salat dan mengeceknya ternyata sudah BAB di celananya..hehe

Saya ajak ke kamar mandi untuk membersihkannya, Adskhan dijongkokan di bagian depan kloset. Dia gak mau dan ingin turun ke lantai (posisi kloset lebih tinggi dari lantai kamar mandi).

Lesson learned dan perbaikan
- Tetap berusaha mengenalkan kloset kepada Adskhan tanpa memaksanya jongkok di sana.
- Membiasakan Adskhan BAK di kamar mandi juga, dengan mengajaknya pipis setelah bangun tidur dan sejam sekali.

Ciater, ²⁴Februari 2017

#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#BundaSayang
#IbuProfesional
#IIP
#ToiletTraining
#AbdillahAdskhan
#1y-¹d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

Andragogi dan Fasilitasi

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu