Berdiskusi dengan Ayu

Pagi yang luar biasa..

Selain karena closing date -- yang artinya harus memastikan beberapa calon customer yang mau order tapi belum transfer -- juga karena Adskhan menolak makanannya yang sdh dimasak tadi pagi.

Untungnya, Adskhan cukup bisa dikondisikan sehingga saya bisa masak makanan lain untuknya. Bikin oat, goreng ayam fillet, bikin sup ayam.

Makanan Adskhan sudah jadi, tinggal nyuapin dia. Alhamdulillah akhirnya mau makan walaupun dikit. Lebih banyaknya makanan tumpah ruah di lantai bersama mainannya.


Tetiba pintu diketuk, tetangga menitipkan anaknya, Ayu (1,5tahun) karena mau mengantarkan Ibunya ke pengajian. Saya speechless, tadi pagi anaknya baru jenggut rambut Adskhan.

 Sepertinya gak sakit sih karena Adskhan gak nangis, cuma Ayu ini lagi senang-senangnya mukul dan jambak.

Sambil membereskan mainan Adskhan dan tumpahan makanannya, saya ajak Ayu main supaya gak nangis. Eh tetap aja nangis mau ikut ibunya, dan ibunya tetap pergi..huhuhu

Adskhan malah antusias ada temannya datang. Dan agresif pengen ngedektin Ayu
"Ayu main sama Adskhan ya. Mamah Ayu pergi sebentar" bujuk saya
Ayu masih nangis. Akhirnya dia teralihkan dengan mainan kereta Adskhan yang bisa bergerak. Asyik banget mainin.
Adskhan pun ingin ikut main, tapi Ayu gak mau.

 Ayu menghalau tangan Adskhan yang berusaha mengambil kereta mainannya. Lalu Ayu hendak memukul Adskhan.

Saya memegang tangan Ayu dan mengatakan 
"Adeknya disayang ya." Ayu tetap mukul, sekarang mukul saya.
"Dipukul itu sakit" lanjut saya sambil tetap senyum.
"Kita tos aja" ajak saya.
Ayu diam, dia lalu tersenyum, lalu mengajak saya tos-tosan.

Saya berusaha mempraktikan materi Komunikasi Produktif dengan anak yaitu : mengatakan dengan singkat dan jelas ) Keep Information Short & Simple (KISS), mengendalikan,  intonasi suara dan gunakan suara ramah, mengatakan apa yang kita inginkan, bukan yang tidak kita inginkan.

Saya lalu ngebayangin gimana ya kalau nanti Adskhan punya adik..hehe
Yg kurang lebih seperti ini..
Harus lebih sabar, lebih banyak bersyukur dan lebih banyak bersabar.


Ciater, 31 Januari 2017

#hari7
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi