NHW #11 'Manage Your Team'


Seandainya Saya Menjadi Admin Grup Whats App IIP Tangsel, berikut tahapan yang akan saya lakukan :

1. MENGUMPULKAN INFORMASI

Hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengumpulkan informasi, terkait :
1. Code of conduct, rules, value IIP
2. Harapan Koordinator Kota dan Manager Online terhadap saya dan terhadap pengelolaan grup Whats App
3. Harapan anggota IIP terhadap pengeloaan grup Whats App.
Untuk mengetahui ekspektasi pengelolaan grup Whats App, saya akan membuat survey terhadap anggota  meliputi evaluasi grup Whatss App periode sebelumnya dan harapan terhadap pengelolaan grup Whats App ke depan. Melalui beberapa pertanyaan :
1. Seberapa penting grup Whats App untuk komunikasi antarmember IIP (1-4)
2. Apakah Anda mendapatkan manfaat dengan adanya grup Whats App IIP (1-4)
3. Sebutkan manfaat yang Anda rasakan dengan adanya grup Whats App!
4. Apa yang perlu diperbaiki dari pengelolaan grup Whats App?
5. Sebutkan ide menarik yang bisa diaplikasikan dalam pengelolaan grup Whats 
6. App Peran apa yang bisa Anda berikan dalam pengelolaan/diskusi di grup Whats App!
7. Sebutkan jam online Anda untuk melihat atau berdiskusi di grup Whats App!

2. MENGENALI ISU, MASALAH DAN PELUANG

Setelah mengumpulkan informasi dan melakukan survey, saya akan mengolahnya sehingga bisa menjadi pijakan saya dalam mengelola grup Whats App.

3. MERUMUSKAN PILIHAN

Saya akan membuat beberapa alternatif program untuk mengelola grup Whats App

4. MELIBATKAN ORANG LAIN

Alternatif-alternatif program tersebut akan saya sampaikan kepada Koordinator Kota dan Manager Online untuk dipertimbangkan dan didiskusikan dengan pengurus lain dan semua anggota (jika perlu). 

5. MENEPATI JANJI 

Jika semua sudah menyepakatinya, saya akan berkomitmen untuk melaksanakan hasil keputusannya.

Beberapa tahapan di atas, adalah tahapan yang saya pelajari sebagai key action Dimensi Decision Making.

Menjadi Admin Grup Whats App adalah sarana saya untuk belajar fasilitasi dan menjadi fasilitator yang baik.
Fungsi fasilitator adalah mempermudah. Baik itu proses diskusi maupun proses belajar.


Harapan saya, dalam setahun ini grup Whats App bisa bermanfaat dan efektif.
Indikatornya :
- setiap anggota merasakan manfaatnya (minimal 70% harapan mereka gabung dalam grup IIP terpenuhi)
- setiap anggota berperan aktif dalam berbagi dan diskusi (minimal 70% member aktif, minimal mengomentari diskusi)
- setiap anggota menjaga rules grup IIP Tangsel tanpa harus diingatkan
- program IIP (harian, mingguan, bulanan) di grup Whats App terlaksana 90%.

Untuk mengevaluasi kebermanfaatan dan keefektifan grup Whats App, saya akan melakukan survey lagi dalam kurun waktu tertentu. Dan berdiskusi langsung dengan beberapa anggota untuk mendapatkan feedback secara langsung.

Tentu saja hal-hal di atas hanya ikhtiar saya. Semuanya akan dapat dilaksanakan dengan kerjasama semua member. Dan rencana-rencana saya tersebut bisa dilaksanakan jika sudah disepakati oleh semua pengurus IIP Tangsel. Jika ada ide baru atau keputusan lain, saya harus mematuhi dan melaksanakannya.

Saya, melamar menjadi admin grup Whats App sebagai sarana saya belajar mengenai fasilitasi. Mimpi besar saya ingin menjadi fasilitator dan family coach. Selain itu, mejadi pengurus IIP Tangsel akan memberi kesempatan bagi saya untuk dapat belajar lebih dekat dari Bu Septi Peni dan Ibu-ibu hebat lainnya yang menjadi Pengurus IIP.

Tantangannya mungkin dari mengelola waktu, ada kekhawatiran saya terlalu 'asyik' megang handphone dan menelantarkan peran saya sebagai Ibu Profesional, namun hal tersebut akan saya antisipasi dengan mengelola waktu online (sesuai dengan hasil dan kesepakatan waktu online). Hal ini juga bisa menjadi latihan bagi saya untuk mengelola waktu dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi