NHW #10 ' Membangun Komunitas, Membangun Peradaban'

Saat ini saya anggota di IIP Tangsel. Saya bergabung mulai Agustus 2016. Selama saya bergabung, saya belum banyak berkontribusi. Mengamati grup, ikut berdiskusi dan terlibat di kegiatan Market Day dan Lomba Foto. 

Untuk acara offline seperti kelas belajar, saya agak kesulitan mengingat anak saya yang masih bayi dan jarak tempat belajar yang cukup jauh dari tempat tinggal saya. Beberapa agenda IIP saya skip karena bentrok dengan kegiatan lain.

Hal yang bisa saya lakukan untuk komunitas IIP adalah menginformasikan setiap kegiatan kepada teman-teman saya. Sehingga alhamdulillah satu persatu teman saya mulai tertarik untuk menjadi simpatisan IIP bahkan ikut matrikulasi.

Hampir semua teman-teman saya di grup PM4 Motherhood (kumpulan Ibu-ibu muda Alumni Pengajar Muda angkatan IV Indonesia Mengajar) ikut matrikulasi batch 2 dan 3. Beberapa teman lama juga mengabari kalau mereka mendaftar untuk matrikulasi setelah membaca infonya di halaman Facebook saya.

Saya rasa jaringan dan kepercayaan teman-teman saya (mungkin terhadap branding saya) menjadi kekuatan saya dalam membangun dan terlibat dalam komunitas. Rasa ingin terus belajar dan menularkan hal yang saya pelajari kepada orang lain menggerakan saya untuk ikut melamar menjadi pengurus IIP Tangsel. Saya juga ingin belajar langsung dari Bu Septi Peni. Menjadi Pengurus adalah kesempatan belajar lebih dekat.

Awalnya saya terpikir untuk melamar menjadi Pengelola IG dan FP IIP Tangsel. Saya menyukai pengelolaan dunia maya. Sehari-hari saya mengelola akun IG dan FP online shop saya juga.
Namun ternyata, tugas pengelolaan media sosial IIP didaulatkan kepada Manager Online. Saya pun memutuskan untuk tidak melamar posisi menager mengingat saya belum bisa optimal jika harus menjadi manager.
Saya pun melamar menjadi Admin Grup Whats App, sekaligus ingin belajar memfasilitasi dan menjadi fasilitator yang baik.
Saya pernah mempelajari teknik dan dasar-dasar fasilitasi selama saya bekerja dulu.

Mengenai amanah di komunitas yang saya jalankan sekarang, saya terlibat di beberapa komunitas : komunitas parenting (PM4 Motherhood, Keluarga Muda), dan komunitas marketing buku online.


Komunitas Parenting

PM 4 Motherhood adalah kumpulan Ibu-ibu muda alumni Pengajar Muda Indonesia Mengajar, saya bersama 18 orang lainnya berdiskusi mengenai apapun tentang Ibu dan anak-anak. 

Keluarga Muda adalah komunitas orang tua muda alumni pengajar muda berbagai angkatan. Di sini saya merasa mendapat tanggung jawab untuk menghidupkannya. Dulu saat pembentukan awal, saya menjadi fasilitatornya. Grupnya cenderung sepi dan hanya berbagi informasi kegiatan saja. 
Saya sedang berupaya untuk menghidupkan grupnya kembali, hal-hal yang sudah saya lakukan :
- menyampaikan pendapat saya mengenai grup yang cenderung pasif
- meminta pendapat anggota grup mengenai harapan mereka akan grup tersebut
- mengajak merumuskan bersama-sama agenda di grup
- mengundang pembicara tamu, sudah 2 tamu yang diundang yaitu pakar Montessori dan dari Aimi Jabar.

Hal yang akan saya lakukan adalah mengajak teman-teman menyusun agenda diskusi mingguan, pembagian peran dan menyusun rencana playdate. 

Harapannya grup ini bisa hidup, efektif dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh anggotanya.


Komunitas Marketing Buku Online

Saya terlibat di beberapa penerbit buku. Dalam diskusi-diskusi di sana, saya berusaha untuk responsif jika ada yang bertanya dan  menyampaikan apa yang telah saya pelajari. Seperti menjadi narsum strategi marketing online di grup buku Sygma dan Mizan. Alhamdulillah penjualan saya cukup baik, sehingga dipercaya untuk sharing.
Saya juga mengelola 20 teman yang saya rekrut sebagai marketer dan berusaha mengajaknya bersama-sama untuk belajar, menentukan dan mengejar target penjualan masing-masing.

Komunitas di Masyarakat

Setelah melahirkan, berhenti bekerja dan pindah rumah,  saya  belum banyak terlibat dengan komunitas di masyarakat lingkungan tempat tinggal saya. Namun sedang merintis rumah baca dan perpustakaan online.
Untuk penjelasannya, saya sertakan foto NHW 9 saya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi