Mudahnya Daftar Flip dan Rasakan Manfaatnya (1)

Sebagai pelaku bisnis online, memiliki beberapa nomor rekening sepertinya penting. Selain memudahkan customer transfer, juga meminimalisir biaya teknis agar profit kita lebih banyak. 

Bayangkan saja, sekali transaksi ke rekening bank yang berbeda memakan biaya Rp 6.500,- Saya hanya mempunyai satu rekening aktif yang digunakan untuk berjualan online, rekening Muamalat. Jika sudah deal dengan customer dan tinggal proses transfer, hampir 99% bertanya "Ada rekening lain gak Mbak? BCA atau Mandiri?"
Saya menjawab gak ada, adanya BNI atau BRIS.

Beberapa dari merekapun memilih untuk mentransfer ke rekening selain muamalat, padahal yang ada mobile bankingnya rekening Muamalat.
Alhamdulillah sih sejauh ini gak ada custumer yang mundur gegara beda rekening bank dengan saya.

 Sayapun ikut berempati dengan customer arisan yang harus 10 kali mentransfer ke rekening saya yang mana jika dijumlahkan biaya transfer antarbanknya Rp 65.000,- But you are not alone my lovely customer, saya pun demikian, karena saya harus mentransfer ulang setoran Anda ke rekening kantor yang kadang berbeda. 

Bahkan untuk buku satuan, keuntungannya tipis banget mendekati biaya transfer, jika ordernya 1 buku saja :'(

Daaan, kabar baik itu datang. Menawarkan solusi bagi saya dan teman-teman yang terbebani dengan biaya transaksi antarbank tetapi  belum memungkinkan membuat rekening beberapa bank.

Berawal dari status seorang teman (pelaku online shop juga) yang bercerita betapa hematnya dia setelah menggunakan FLIP. Saya pun penasaran dan langsung cek TKP https://flip.id/


Tampilan di website ini memberikan pilihan kepada kita untuk masuk (login) atau daftar (register). Karena saya belum punya akun FLIP saya pun mendaftar.

Berikut beberapa data yang harus diisi saat mendaftar
1. Email
2. Username
3. Password
4. Konfirmasi Password
5. Kota Tempat Tinggal sekarang

Setelah itu, kita diminta menuliskan nomor telpon untuk verifikasi data. Setelah verifikasi data, kita akan diberikan link grup Whats App untuk mengatur jadwak verifikasi tatap muka. 

Mengapa harus verifikasi tatap muka? Sesuai dengan peraturan BI 
Verifikasi tatap muka ini dilakukan setiap hari. Admin FLIP akan menginformasikan jadwal verifikasi terdekat di kota kita. Kita pun bisa lho mengusulkan tempat verifikasi, biasanya stasiun atau Mall.

Saya termasuk yang menunda verifikasi tatap muka agak lama, dikarenakan waktunya belum cocok atau tempatnya terlalu jauh dari rumah saya, maklum saya punya bayi jadi memilih menunda jadwal verifikasi dan berharap minggu depan di dekat rumah saya.

Ahaaa, walaupun gak dekat-dekat amat verifikasi online dilakukan di Terskota Mall. Sayapun datang ke sana mengajak anak dan suami sambil nge-Mall. 
Untuk verifikasi ini kami di data akan hadir jam berapa dan diberi tahu siapa ranger FLIP yang harus ditemui. Jangan lupa bawa kartu pengenal asli : KTP/SIM/Passpor.

Ternyata verifikasinya tidak lama, hanya diminta memperlihatkan KTP dan menuliskan email kita untuk dikirimi email aktivasi akun FLIP.

Setalah mengaktivasi akun FLIP, kita pun bisa langsung bertransaksi.

Gimana cara bertransaksinya?
Sambung ke tulisan bagian kedua ya ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi