Perjalanan ke Bogor Hari Ini

Hari ini saya ngajak Ayah dan Adskhan ke Bogor buat ikut seminar Home Education dan Portofolio Anak yang diselenggarakan IIP Bogor. Mengingat perjalanan Tangsel-Bogor lumayan lama, direncanakan untuk berangkat pagi sekali. Sayang jika ketinggalan materinya. Ilmu yang sedang saya butuhkan untuk menemani tumbuh kembang Adskhan. 

Walaupun sudah bangun sepagi mungkin tetap saja baru berangkat jam 7 pagi padahal acara materinya mulai 1/2 9 dan perjalanan Rawa Buntu Bogor memakan waktu 2jaman. Di jalan Ayah Adskhan udah wanti-wanti jangan sampai bunda bad mood gegara telat datang dan gak kebagian materi..hahaha

Qodarullah baru sampai tempat kegiatan jam 1/2 11, 30 menit menjelang waktu penyampaian materi berakhir. Hiks.. 

Alhamdulillah di goodie bag ada point2 materinya, dan masih bisa melihat Mbak @Mira Julia menyampaikan materinya walaupun sangat sebentar. Anies (teman Pengajar Muda) yang merupakan member IIP Bogor datang ke seminar tersebut, dan mencatat materi sehingga saya menanyakan beberapa poin di handout yang masih belum saya pahami benar.

 Sesi pertanyaan pun lumayan lengkap apa yang ditanyakan dan jawabannya, sehingga bisa sedikit menambal ketertinggalan materi.

Selama materi, Adskhan sama ayahnya menunggu di luar. Beberapa kali saya menemui Ayah dan Adskhan memastikan bahwa Adskhan butuh saya atau gak. Adskhan malah asyik bermain, karena ada beberapa anak juga yang menunggu orang tuanya di luar ruangan.

Pada saat sesi tanya jawab, Ayah mengajak Adskhan masuk ruangan (melihat beberapa anak diajak orang tuanya masuk ruangan juga) dan memberikan Adskhan pada saya karena khawatir Adskhan ingin menyusui. 
Anak ganteng cuek saja ketika saya 'tawari' menyusu, dia malah tertarik sama snack konsumsi seminar dan brownies yang dipegang Mas Astha (anaknya Anies).

Sebelum acara ditutup, saya dipanggil ke depan bersama perwakilan undangan yang lain dari IIP Jadetabeka. Senang sekali bertemu koordinator IIP yang hebat-hebat.

Karena sudah di Bogor, sayang sekali jika tidak menghabiskan waktu untuk main dulu. Ayah Adskhan menyetujui dan memberikan waktu sampai Ashar supaya kita gak pulang kemalaman.
Yihaa... Makan siang dan jalan-jalan dulu di Botani Square. Kami memesan bakmi GM. Adskhan tertarik dengan bakmie, saya pun menyiapkan mangkok dan sendok untuknya. Eh Adskhan malah ngambil sumpit yang sedang dipegang ayah dan wooowww anak gantengku cerdas. Dia bisa mengambil bakmie pakai sumpit. 
Adskhan lahap makan bakmie menggunakan sumpit, dia makan sendiri walaupun berantakan.

Setelah selesai, kami pun jalan ke Gramedia sekedar melihat-lihat. Adskhan dan Astha terlihat bahagia, mereka ingin membaca buku import yang dipajang di sana. Adskhan mengambil salah satu buku, lalu duduk di lantai membaca khusu seolah di rumah. Lalu dia ngambil beberapa buku dan 'protes' karena bukunya masih disegel.
Puas ngacak-ngacak buku, kami pun mengajal Adskhan dan Astha pulang. Dua anak kecil ini tertarik dengan meriah dan gemerlapnya Timezone di sebelah Gramedia. Adskhan terpesona dengan 'keramaian' di sana dan menangis saat diajak pulang. Astha pun terlihat masih betah.

Kami meninggalkan Botani Square setelah menunggu Grab Car lebih dari 30 menit. Alhamdulillah akhirnya bisa sampai stasiun dan pulang menuju Rawabuntu.
Di perjalanan Adskhan tetap aktif, ingin tiduran di kursi penumpang dan turun jalan-jalan. 
Kami tiba di rumah pukul 20.30an.

Terima kasih atas perjalanan seru hari ini... 

Oia, hari ini kami melihat bagaimana Adskhan berinteraksi dengan Mas Astha, beradaptasi tanpa Bunda dalam waktu yang lama dan belajar makan sendiri.
Adskhan bisa menyesuaikan diri dan betahan anaknya. Dia juga bisa belajar dengan cepat. Seperti berhasil makan bakmie dengan menggunakan sumpit walaupun sebelumnya gak ada yang mengajari.
Keep growing dan learning ya Nak 😘

#JurnalAdskhan
#IbuProfesional




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bu, Mohon Tidak Sembarang Memberikan Makanan kepada Anak Orang Lain

Aliran Rasa Bunda Sayang Game Level 5