Mengusir Nyamuk dari Cara Tradisional hingga Tercanggih




Malam ini saya bergadang, entahlah nyamuk-nyamuk begitu seringnya membuat Adskhan terbangun. Saya pun sampai bosan menepuk nyamuk yang mendekat. Di luar hujan, mungkin nyamuk bermigrasi ke dalam rumah dan kamar takut kebasahan. Tapi koq bisa ya masuk kamar, kan ada kawat antinyamuk?!
Daripada kesel karena nyamuk bikin saya gak bisa tidur lagi, saya searching beberapa info tentang mengatasi nyamuk.
Berikut informasi yang saya dapatkan dan saya tulis ulang.


1. Hilangkan Genangan Air

Genangan Air Akan Mengundang Nyamuk Datang. Nyamuk biasanya suka berkembang biak pada genangan air di sekitar rumah. Untuk mencegah pertumbuhan nyamuk di rumah, pastikan tidak ada genangan air. Keringkan talang air dan kubur barang-barang bekas yang memungkinkan menjadi tempat genangan air.
Periksa juga tempat minum hewan peliharaan, pastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk. Gantilah air minumnya secara teratur minimal dua kali seminggu.


2. Potong Tanaman di Halaman

Nyamuk juga sering hinggap di tanaman yang rimbun dan semak-semak liar. Potonglah tanaman yang sudah mulai rimbun untuk mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah.


3. Periksa Kawat Nyamuk

Gunakan kawat atau kasa pada ventilasi atau jendela rumah. Pastikan tidak ada lubang pada kawat atau kasa yang dapat memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.


4. Rapikan Pakaian

Suka menggantung pakaian di dinding atau belakang pintu? waspadalah karena nyamuk suka hinggap di pakaian tergantung. Sebaiknya rapikan pakaianmu yang menggantung dan simpanlah ke dalam lemari.


5. Hindari Bau yang Disukai Nyamuk

Hindari Bau Yang mengundang Nyamuk
Dari jarak 50 meter nyamuk sudah bisa mencium mangsanya. Hati-hatilah jika kamu memiliki penyakti steroid, kolesterol, dan asam urat tinggi di permukaan kulit karena tubuh kamu pasti akan jadi sasaran utama nyamuk.
Menurut sebuah penelitian, diungkapkan bahwa manusia yang bergolongan darah O sangat disukai nyamuk. Golongan darah A adalah yang paling dibenci nyamuk. Maka dari itu, rajinlah mandi untuk membersihkan badan dari bau keringat yang sangat disukai nyamuk.


6. Gunakan Anti Nyamuk Alami

- Kecombrang 
Pencinta sambal dan pepes pasti sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Ya, kecombrang memang kerap kali dijadikan sebagai bumbu pelengkap untuk membuat kedua masakan tersebut kian sedap. Namun siapa sangka, ternyata kecombrang yang akrab berada di dapur ini juga cocok ditanam di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk.   
Bunga kecombranglah yang berperan mengusir nyamuk. Karena alasan tersebut, akan menjadi tidak ampuh jika Anda hanya mengandalkan biji atau buah tanaman ini untuk menghilangkan gangguan dari makhluk yang doyan berdengung tersebut. Selain mampu membuat nyamuk kabur, bunga kecombrang juga indah menambah keindahan halaman rumah Anda.  

- Kemangi 
Kalau Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan menyemprot-nyemprotkan cairan tertentu untuk membunuh nyamuk, kemangi dapat menjadi jawabannya. Dengan merebus kemangi kemudian mencampurkannya dengan cuka ataupun alkohol, Anda dapat membuat spray alami yang membuat nyamuk langsung sekarat. Tapi ingat, ketika menyemprotkannya, pastikan mata Anda tidak terkena.   
Jika malas mengolah kemangi menjadi spray, Anda juga bisa menaruhnya dalam wadah untuk diletakkan di ventilasi-ventilasi udara di rumah. Bau kemangi dijamin membuat nyamuk memilih menjauhi rumah Anda dan mencari mangsa baru.  

- Sirih 
Manfaat sirih untuk mengatasi berbagai penyakit memang sudah populer dari dulu. Namun apakah Anda tahu, tanaman yang satu ini juga cocok menjadi alternatif untuk mengusir nyamuk? Cara mengolah sirih untuk menjadi obat nyamuk juga tidak ribet. Anda cukup mencampurkan sekitar 10 lembar daun sirih dengan segelas air.  
Air campuran daun sirih tersebut dapat menjadi salep pengusir nyamuk yang ampuh. Jadi, ucapkan selamat tinggal kepada salep-salep kimia yang menjadi teman setia Anda selama ini untuk mencegah gigitan nyamuk.

- Daun Serai
Ambil daun serai, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. Diamkan kurang lebih 12 jam, kemudian saringlah daun serai yang diblender tadi, sehingga akhirnya menghasilkan cairan saja. Masukkan air serai tersebut ke dalam botol semportan, kemudian semprotkan ke berbagai sisi rumah anda. Jika ingin cara yang lebih praktis, anda bisa memakai ekstrak daun serai yang sudah jadi (berupa minyak ) dengan cara memercikkan cairan tersebut pada ruangan.
Usut punya usut, ternyata tumbuhan yang satu ini mengandung zat sironelal yang berbahaya bagi kehidupan serangga terbang tersebut.   
Nyamuk bahkan sudah mengenali zat sironelal dari baunya. Karena itulah, nyamuk akan malas mendekati ruangan yang sudah beraroma serai.

- Kulit Jeruk
Kulit jeruk sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, caranya adalah dengan menaruh kulit jeruk kering di ruangan anda. Dengan begitu, selain memberi wangi alami pada ruangan juga mengusir nyamuk.

- Minyak Lavender dan Ragi
Anda bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan lavender dan ragi. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, juga ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, sehingga siap ditaruh di wadah dan disimpan di ruangan anda.

- Bunga
Ada beberapa jenis bunga yang memiliki wangi yang tidak dapat ditahan oleh nyamuk, yakni bunga krisan, geramary, rosemary dll. Caranya sangat mudah, yakni cukup menanam bunga krisan/geramary/rosemary di sekeliling rumah anda. Untuk cara yang lebih sederhana, jenis bunga rosemary yang berukuran kecil juga dapat ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan di ruangan dalam rumah.

- Minyak Kayu Putih dan Lemon
Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diterapkan pada kulit. Caranya: campurakan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, oleskan pada tubuh anda. Selamat mencoba.

- Bawang Putih
Bawang putih adalah obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh binatang ini. Anda mungkin tidak suka bau bawang, tapi karena baunyalah mengapa nyamuk menjauh. Bau kuat dan pedas dari bawang putih mencegah gigitan nyamuk dan mencegah mereka memasuki rumah anda. Caranya: sianpkan beberapa potong bawang putih, lalu rebus dalam air mendidih. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan. Lalu semprotkan air bawang putih tersebut dalam ruangan/kamar. Jika anda tidak bermasalah dengan bawang putih, anda juga bisa menerapkannnya langsung ke kulit anda.

- Bubuk Kopi
Cara sederhana untuk mengusir nyamuk adalah dengan bubuk kopi. Caranya pun sangat mudah, yakni taburkan bubuk kopi di area rumah dan sekitarnya yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak.

- Kapur Barus
Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan tempat tidur.


7. Memakai Kelambu Antinyamuk

Kelambu antinyamuk bisa menjadi salah satu alternatif agar nyamuk tak bisa mendekat. Anda bisa mencari kelambu antinyamuk sesuai dengan budget dan kebutuhan. Kisaran harganya ada yang 30ribuan sampai 200ribuan. Dengan varian kelambu antinyamuk khusus bayi saja, digantung hingga berbentuk tenda kanopi


8. Membuat Perangkap Nyamuk

Caranya gampang:
Potong bagian atas botol ukuran 1,5 liter (bagian yang melengkung).
Larutkan 50 gram gula dalam 200 ml air hangat di dalam botol
Jangan diminum! Tunggu suhu air kembali ke normal, lalu tambahkan 1 gram lagi. Jangan diaduk. Jangan diminum juga!
Pasang kembali bagian atas botol secara terbalik
Dengan koran atau kertas bekas, tutupi sisi-sisi botol tanpa menutup bagian atas.
Tunggulah, mangsamu akan datang dengan sendirinya. Selanjutnya, terserah mau kamu apakan nyamuk-nyamuk yang sudah terperangkap.



9. Mengecat Rumah dengan Warna Kuning

Anda bisa mengusir nyamuk hanya dengan modal warna kuning. Kuning lho, jangan yang lain. Tapi oranye juga kadang berhasil. Kamu bisa pakai tirai kuning, gorden kuning, benda-benda kuning lainnya di kamarmu. Kalau perlu pakai baju kuning, biar serba kuning gitu. Kalau males, pakai aja lampu kamar yang kuning, atau bungkus lampu kamu pakai kertas kuning.


10. Install Program Antinyamuk di HP Android atau Laptop



Software ini memanfaatkan gelombang suara. Cara ini tergolong efektif karena kamu nggak perlu rempong ini itu. Cukup dengan memasang program di komputer atau laptopmu, lalu mengaktifkan programnya. Berikut linknya http://www.allmosquitos.com/anti-mosquito-software/kp-anti-mosquitoes.html
 Jangan lupa menyalakan audionya. 




Sudah banyak tips yang saya temukan dan tulis ulang, tinggal mengaplikasikannya besok.
Sorry ya nyamuk ;)

#odop99fordays


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Kulgram 'Keluarga Muslim Cerdas Finansial'

Hari Kedua - Mengelompokan Benda Berdasarkan Warna