Panen Inspirasi dari Kopdar Member Institut Ibu Profesional Tangsel


Ini adalah kali kedua saya bertemu ibu-ibu Institut Ibu Profesional Tangerang Selatan . Dan lagi-lagi banyak inspirasi yang saya dapatkan.

Mendengarkan cerita Mbak Puri tentang bagaimana melatih anaknya agar bisa mandiri.
Syarat anaknya masuk sekolah adalah sudah bisa pakai baju, sepatu sendiri, dan toilet training.
Hal menarik yang saya dapatkan dari beliau adalah bagaimana mengatur supaya setiap anak mau mencuci perlengkapan makannya sendiri. Caranya yaitu  setiap anak memiliki perlengkapan makan masing-masing. 1 anak satu motif/warna, dipilih yang melamin agar tidak mudah pecah dan gampang dibersihkan. Setiap anak hanya memiliki 1 piring, 1 mangkok, 1 sendok, 1 gelas dan 1 garfu dan diberi tanggung jawab untuk mencucinya sesudah makan. Jika tidak dicuci, maka mereka tidak punya alat makan yang bersih untuk digunakan selanjutnya.
Terinspirasi banget, walaupun sepertinya belum bisa diterapkan di keluarga saya saat ini.

Selanjutnya sharing dari Mbak Intan tentang menyiapkan kemandirian anak pertama agar menjadi teladan anak selanjutnya. Menyiapkan anak-anak perempuannya agar mempunyai ahlak yang baik dan menjadi ibu teladan. Untuk anak perempuan dipilih HS yang fokus pada dua hal tersebut, sedangkan untuk anak laki-laki, karena kedepannya menjadi pemimpin keluarga sekaligus pencari nafkah maka tetap memilih pendidikan formal.

Sharing dari Mbak Mega tentang memilih sekolah yang tepat, Mbak Adit tentang lingkungan rumah yang ramah dan mendukung pola asuh anak dan Mbak Anten mengenai mensiasati tempat tinggal yang pindah-pindah.

Banyak inspirasi dan pemahaman baru yang saya dapatkan.

Every mom has own battle, terus belajar dan selalu berpikiran positif membuat setiap tantangan menjadi mudah dan menyenangkan.

Terima kasih Ibu-ibu hebat untuk cerita inspirasinya dan makan-makannya :)

Kopdar Institut Ibu Profesional Tangerang Selatan
Ahad, 19 Maret 2017
Graha Raya Bintaro




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Gempa

12 Teknik Memasak yang Perlu Diketahui Para Ibu

Andragogi dan Fasilitasi